54 Kasus Mutasi Corona Ditemukan di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes
27 Mei 2021 16:27 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebanyak 54 varian mutasi Covid-19 ditemukan di Indonesia dari total 1.744 sampel yang dihimpun dari setiap daerah.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan 54 varian mutasi Covid-19 itu masuk dalam kategori berbahaya atau variant of concerns yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Sudah ada 54 kasus mutasi Covid-19 yang terjadi. Kasus mutasi tersebut kemudian dibedakan yang bersumber dari luar dan tidak ada kontak dengan sumber luar,” kata Dante saat memberi keterangan dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (27/5/2021).

Dante menerangkan, pihaknya mengklasifikasi 35 varian mutasi Covid-19 yang berasal dari kasus migrasi. Sisanya, dia mengatakan, 19 varian mutasi Covid-19 itu berasal dari transmisi lokal.

“Artinya bahwa sudah ada kontaminasi lokal di Indonesia untuk variant of concerns yang terjadi secara mutasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan bahwa skrining berlapis dilakukan bagi warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia.

“Mereka [WNA] yang memiliki KITAS dan KITAP yang masuk Indonesia diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Wiku dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, Wiku juga memastikan bahwa pemerintah terus mengikuti perkembangan terkini kasus Covid-19 dunia, termasuk mana saja negara yang tengah mengalami lonjakan kasus.

Sumber : Bisnis.com