Puluhan Petasan Siap Ledak Diamankan Polsek Tegalrejo

Petasan yang diamankan di Delimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, Selasa (18/5/2021). - Ist/dok Polres Magelang
18 Mei 2021 22:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Petugas gabungan Polsek Tegalrejo dan Koramil Tegalrejo berhasil mengamankan puluhan petasan (mercon) siap ledak yang akan dinyalakan di lapangan Delimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, Selasa (18/5/2021).

Kapolsek Tegalrejo Polres Magelang AKP Haris Gunardi mengatakan, tindakan ini dilakukan setelah ada laporan warga bahwa di lapangan Butuh akan diadakan penyulutan petasan dengan jumlah banyak.

"Selanjutnya kami dari Polsek Tegalrejo bersama Koramil Tegalrejo mendatangi lokasi untuk menindaknjuti laporan tersebut," katanya, Selasa.

Baca juga: Peta Telur Ceplok Ini Jelaskan Candi Borobudur Ada di Kabupaten Magelang, Bukan di Jogja

Ada sedikitnya 71 buah mercon berukuran cukup besar yang menurut rencana akan dinyalakan di tengah tengah lapangan Dusun Butuh Desa Delimas.

"Untuk menjaga kamtibmas dan mengantisipasi terjadinya korban akibat letusan petasan, kami bergerak cepat untuk menggagalkan dan menyita petasan - petasan tersebut," tambah Haris.

Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat agar tidak menjualbelikan atau membuat dan bermain petasan karena selain mengganggu ketertiban umum, kegiatan tersebut juga melanggar hukum.

"Selain itu, akibat ledakan petasan bisa menyebabkan luka, cacat dan bahkan kematian," katanya.

Barang bukti petasan tersebut selanjutnya diamankan di Mapolsek Tegalrejo. "Selanjutnya akan kami musnahkan," katanya.