Advertisement

Viral Pantai Pangandaran, Petugas Temukan Satu Wisatawan Positif Covid-19

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 16 Mei 2021 - 05:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Viral Pantai Pangandaran, Petugas Temukan Satu Wisatawan Positif Covid-19 Ilustrasi Covid/19.

Advertisement

Harianjogja.com, JAWA BARAT—Pantai Pangandaran sempat jadi viral pada Sabtu (14/5/2021) menyusul beredarnya video singkat di jagat Twitter tentang ramainya pantai di Jawa Barat itu.

Di Pangandaran pula, satu orang warga yang hendak berwisata ke pantai Pengandaran, Jawa Barat ditemukan positif Covid-19, Sabtu (15/5/2021).

Warga yang positif itu berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilakukan petugas di pos penyekatan bundaran Emplak, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Petugas kesehatan pos jaga Emplak, Suryati mengatakan, pihaknya menggelar pemeriksaan rapid test antigen kepada wisatawan yang tidak membawa surat sehat. Dari 100 orang yang menjalani rapid test antigen, satu orang wisatawan asal Pamarican Ciamis dinyatakan positif Covid-19.

“Karena positif, wisatawan itu terpaksa petugas putar balikan agar kembali ke rumahnya,” kata Suryati yang juga Kepala Puskesmas Padaherang, seperti dikutip dari Suara.com, Minggu (16/5/2021).

Pihaknya mengaku memeriksa wisatawan lebih dari 100 orang dari berbagai wilayah secara acak. “Pemeriksaan rapid test antigen ini gratis tidak dipungut biaya, jika ada wisatawan yang positif Covid-19, kami suruh pulang,” ujarnya.

Petugas tim pemeriksa kesehatan wisatawan akan bertugas sampai Minggu (16/5/2021). “Jika memang ada perpanjangan tentu akan berlanjut, kami sesuai perintah pimpinan saja,” paparnya.

Pos pemeriksaan kesehatan bagi wisatawan juga Pemkab Pangandaran dibangun di lapang Merdeka, Pananjung, Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan pos pemeriksaan kesehatan itu untuk memeriksa wisatawan luar daerah yang tidak membawa surat sehat. Bagi yang hasil pemeriksaan rapid test antigennya negatif bisa masuk ke lokasi wisata.

Namun sebaliknya, jika berdasarkan hasil pemeriksaan wisatawan positif Covid-19, terpaksa harus putar balik ke kota atau daerah asalnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Semarakkan Hari Batik Nasional, Pengunjung Membatik Massal di Pedestrian Malioboro

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement