Mutasi Covid-19 dari India dan Afsel Ditemukan di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
03 Mei 2021 15:57 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia.

Dia menerangkan mutasi dari India ditemukan dari dua kasus dan keduanya ditemukan di Jakarta, sedangkan mutasi dari Afrika Selatan ditemukan dalam satu kasus.

"Selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, [ditambah lagi] 2 mutasi dari India dan 1 mutasi dari Afrika Selatan," kata Menkes dalam keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Senin (3/5/2021).

Seluruh mutasi baru itu, lanjutnya, masuk dalam varian of concern atau mutasi yang sangat diperhatikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) lantaran menyebabkan tingginya penularan kasus Covid-19.

Lebih lanjut, masyarakat diimbau merespons temuan itu dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Meski masih dalam angka kecil, pemerintah mendorong masyatakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3T dan 3M.

"Apapun virusnya apapun mutasinya kalau kita disiplin protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, insya allah penularan tidak terjadi. Saya terus ingatkan disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Tidak disebutkan sejak kapan mutasi dari India dan Afrika masuk ke Tanah Air. Pun demikian, ratusan warga negara India masuk ke Indonesia di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di negara itu.

Ratusan orang tersebut masuk melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Pemerintah kemudian menghentikan pemberian visa dari India ke Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia