Prabowo Beri Beasiswa ke Putra Putri Prajurit KRI Nanggala-402

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020). - Antara / Puspa Perwitasari.
26 April 2021 15:17 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan memberikan beasiswa hingga jenjang perguruan tinggi kepada putra-putri prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur di perairan utara Bali.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak melalui akun Twitternya, @Dahnilanzar, Senin (26/4/2021) pukul 12.00 WIB.

BACA JUGA : Dinyatakan Gugur, Komandan KRI Nanggala-402 yang

"Menteri Pertahanan @prabowo menyampaikan akan memberikan beasiswa sampai universitas kepada seluruh putra-putri prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala 402 yang gugur dalam tugas sebagai kusuma bangsa," tulis Dahnil.

Dia pun menguncapkan belasungkawa kepada 53 kru KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Minggu (25/4/2021). "Teruslah berpatroli dalam keabadian wahai prajurit, doa kami selalu menyertai," tuturnya.

Kapal selam tersebut dinyatakan subsunk atau tenggelam pada Sabtu (24/4/2021), setelah tiga hari sebelumnya masih berstatus hilang kontak alias submiss. Satu hari berselang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan seluruh 53 awak kapal meninggal dunia.

Pernyataan ini disampaikan menyusul ditemukannya puing-puling kapal selam pada kedalaman 830 meter di dasar laut. Nanggala 402 juga disebut terbelah menjadi tiga bagian.

BACA JUGA : Dampingi Komandan Berlayar, Korban Kapal Selam Asal 

Usai pernyataan dari Panglima TNI, Menhan Prabowo langsung menyampaikan duka cita kepada 53 awak kapal selam yang telah gugur. Dia mengatakan bahwa para prajurit tersebut merupakan putra terbaik bangsa.

"Rasa belasungkawa yang paling mendalam untuk tragedi yang menimpa KRI Nanggala 402. Seluruh prajurit yang gugur adalah putra-putra terbaik bangsa. Semoga selalu diberi kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. KRI Nanggala 402, selamat berlayar menuju keabadian," katanya.

Prabowo juga sempat menyatakan bakal meremajakan alutsista di tiga matra TNI yaitu angkatan laut, darat dan udara. Dia menyebut langkah peremajaan itu merupakan sesuatu yang cukup mendesak.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia