Catat! 9 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Stroberi bisa meningkatkan sirkulasi darah - greenwells.com
19 April 2021 13:47 WIB Hanafi Nurmahdi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda perlu untuk memperhatikan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab, sirkulasi darah yang baik sangat penting bagi tubuh karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh, seperti aktivitas fisik, merokok, dan berat badan. Selain itu, beberapa kondisi medis dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk, termasuk aterosklerosis, diabetes mellitus, pembekuan darah, dan penyakit Raynaud.

Ada banyak makanan yang mungkin bermanfaat dalam menjaga aliran darah yang sehat. Berikut makanan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, dilansir dariĀ Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com:

1. Paprika Merah

Konsumsi capsaicin dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Capsaicin bisa ditemukan dalam cabai merah dan paprika merah serta mungkin juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Capsaicin dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan pengerasan arteri.

2. Bit

Bit memiliki efek perlindungan pada pembuluh darah dan sistem kardiovaskular. Sayuran yang mengandung nitrat kemudian diubah tubuh menjadi oksida nitrat. Proses ini membantu melebarkan pembuluh darah. Jus bit dapat membantu memperlebar arteri, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan daya tahan atletik.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Menurut beberapa penelitian, diet tinggi makanan nabati dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena tingginya kadar nitrat anorganik dalam sayuran seperti sayuran hijau. Nitrat anorganik dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi akibat asupan garam berlebih.

4. Bawang Putih

Sebuah penelitian tentang efek bawang putih pada orang dengan penyakit arteri koroner menyimpulkan bahwa, bawang putih dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dilakukan penelitian selama tiga bulan pada kelompok orang yang mengonsumsi tablet bubuk bawang putih, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aliran darah di arteri lengan bawah.

5. Kacang

Kacang mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, terutama bila dimakan sebagai bagian dari diet sehat. Banyak jenis kacang-kacangan yang mengandung L-arginine tingkat tinggi, asam amino yang membentuk asam nitrat, yang kemudian membantu memperlebar pembuluh darah dan mengatur tekanan darah. Kacang juga merupakan sumber magnesium, kalium, dan kalsium yang baik, yang semuanya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Delima

Sebuah tinjauan penelitian klinis dan hewan tahun 2017 menemukan bahwa jus delima memiliki efek positif pada arteri dan dapat mengurangi penumpukan plak. Jus buah delima juga dapat menurunkan tekanan darah, dan efek antioksidannya dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Ikan

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang membantu mencegah penumpukan plak di dalam arteri dan juga dapat mencegah penggumpalan darah, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kolesterol (HDL). Diet Mediterania, yang meliputi ikan, minyak zaitun, buah-buahan, dan sayuran, mungkin bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

Jenis ikan yang tinggi omega-3, antara lain ikan salmon, ikan kembung, tuna, ikan trout, sarden, dan ikan haring.

8. Buah Sitrus

Menurut sebuah penelitian tahun 2016 pada 24 orang dewasa sehat berusia 18-30 tahun, dengan meminum minuman yang kaya akan flavanon meningkatkan aliran darah ke otak.

9. Buah Beri

Buah beri dapat membantu meningkatkan sindrom metabolik. Kondisi tersebut biasanya terkait dengan penyempitan pembuluh darah. Polifenol dalam buah beri, seperti antosianin dan asam fenolik, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Jenis buah beri yang bisa dimasukkan ke dalam campuran makanan untuk dikonsumsi, antara lain blueberry, bilberry, cranberry, blackberry, raspberry, dan strawberry serta kismis merah, putih, atau hitam.

Sumber : bisnis.com