Advertisement

KKB Bakar Sekolah di Papua, Kerugian Miliaran Rupiah

Newswire
Selasa, 13 April 2021 - 13:17 WIB
Sunartono
KKB Bakar Sekolah di Papua, Kerugian Miliaran Rupiah Sebanyak 12 unit bangun sekolah dibakar KKB di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak./Antara - HO/Humas Polsek Beoga

Advertisement

Harianjogja.com, JAYAPURA - Pembakaran sekolah di Distrik Beoga, kabupaten Puncak, Papua menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Selain pembakaran sekolah, sebelumnya dua orang guru terbunuh setelah ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait menyebutkan total kerugian atas pembakaran sekolah mencapai Rp7,2 miliar.

Advertisement

Pembakaran sekolah tersebut terjadi di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak setelah kejadian penembakan yang menewaskan dua orang guru oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

BACA JUGA : KKB Tembak Dua Warga Sipil di Mimika 

Christian Sohilait di Jayapura, Selasa (13/4/2021), mengatakan sejak Kamis (8/4/2021) KKB sudah dua kali melakukan pembakaran fasilitas sekolah dengan total ruangan yang dibakar mencapai 12 unit.

"Pembakaran pertama dilakukan pada Kamis (7/4) sore yang menyebabkan tiga ruang SMA Negeri I Beoga hangus terbakar," katanya.

Menurut Christian, pembakaran kedua dilakukan pada Minggu (11/4) malam yang menyebabkan sembilan ruangan di SMP Negeri I Beoga juga terbakar.

"Dari sisi ekonomi, pembakaran 12 ruang sekolah tersebut telah menyebabkan kerugian dalam jumlah besar," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk membangun satu ruang belajar mengajar di wilayah pegunungan membutuhkan biaya Rp600 juta. Sehingga, ujarnya, 12 ruang yang dibakar berarti kerugiannya sudah Rp7,2 miliar.

"Kami bingung mengapa KKB melakukan aksi pembakaran tersebut, padahal aksi tersebut bisa berakibat fatal karena anak-anak di Beoga, yang kawasan pedalaman, tidak dapat mengenyam pendidikan dengan baik," katanya lagi.

BACA JUGA : Pemerintah Diminta Tegas Sebut KKB sebagai 

Dia menambahkan di wilayah pegunungan yang menjadi masalah utama bukan biaya, tetapi tingkat kesulitan untuk memobilisasi bahan bangunan. Semuanya harus diangkut menggunakan pesawat terbang.

"Kami berharap aparat keamanan bisa segera menindak para pelaku pembunuhan dua orang guru dan juga pelaku pembakaran fasilitas sekolah di Beoga," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement