Jokowi Ingatkan Soal Cincin Api, Gempa Bumi Bisa Terjadi Kapan Saja

Warga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih Magnitudo 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. - Antara\\r\\n
11 April 2021 17:47 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pernyataan terkait rentetan bencana alam yang terjadi di Tanah Air beberapa waktu terakhir. Jokowi meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk lebih waspada dan tanggap.

Adapun sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi dengan magnitudo 6,1 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021).

“Saya perlu ingatkan kita ini berada di wilayah cincin api, oleh karena itu aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa bumi dan yang lainnya, kapan saja,” kata Jokowi melalui keterangan virtual Sekretariat Presiden, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Hujan Deras di Gunungkidul Akibatkan Longsor di 3 Titik

Dengan demikian, dia meminta pemerintah daerah bersama dengan masyarakat untuk dapat mempererat kerja sama untuk meningkatkan kesiapsiagaan terkait potensi datangnya bencana ke depan.

Adapun, Jokowi telah mengintruksikan seluruh jajarannya untuk segera mengevakuasi korban terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Malang tersebut.

Jokowi meminta agar para korban yang tertimbun bangunan dapat diidentifikasi sembari melakukan perawatan kepada warga yang mengalami luka-luka. Selain itu, dia juga berpesan agar dapat segera melakukan pemulihan infrastruktur umum dan bangunan rusak lainnya milik warga.

Baca juga: Sebuah Mobil Terguling di Giwangan, Dua Penumpang Luka-luka

“Juga penanganan dampak dari adanya gempat bumi tersebut, saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan duka cita yang mendalam,” kata dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan telah kembali terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,5 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu, pukul 06.54 WIB.

Menurut keterangan BMKG yang diterima di Jakarta pada Minggu pagi, gempa itu tidak memiliki potensi tsunami.

Gempa M 5,5 itu terjadi di kedalaman 98 kilometer (km) dengan pusat gempa berada 80 kilometer barat daya Kabupaten Malang, tepatnya berada di koordinat 8,84 lintang selatan-112,41 bujur timur.

Sumber : Bisnis.com