PLN Group Resmikan Layanan ListriQu Premium untuk Pelanggan Industri

Launching ListriQu Premium ini dilaksanakan pada Selasa, (30/3 - 2021) bertempat di Gardu Induk Rayum, Sukoharjo/Ist
31 Maret 2021 10:47 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, SUKOHARJO– Setelah sukses meresmikan aplikasi ListriQu pada Juni 2020 silam, kali ini PLN Group menghadirkan layanan ListriQu Premium di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara launching ListriQu Premium ini dilaksanakan pada Selasa, (30/3/2021) bertempat di Gardu Induk Rayum, Sukoharjo.

Hadir pada kesempatan ini, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Irwansyah Putra, Direktur Utama Haleyora Power, Purnomo, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo, La Ode Lawati, Direktur Umum PT Sritex Group, Mayjen (Purn) Supartodi, dan Direktur Umum PT Rayon Utama Makmur (RUM), Mochamad Rachmad.

“ListriQu merupakan aplikasi layanan perbaikan Instalasi Milik Pelanggan (IML) berbasis mobile yang berfungsi sebagai media penghubung antara pelanggan dengan teknisi berkompeten dan bersertifikat untuk melakukan perbaikan terkait keluhan instalasi rumah milik pelanggan,” terang Irwansyah.

Untuk Sektor Industri, PLN menawarkan layanan ListriQu Premium, yaitu platform pada aplikasi ListriQu yang ditawarkan untuk solusi layanan instalasi bisnis dan industri.

Beberapa layanan ListriQu Premium yang ditawarkan, antara lain: 1) Inspeksi, pemeliharaan, pengujian kubikel, trafo dan panel tegangan rendah, 2) Perbaikan dan Pemasangan atas kerusakan pada kubikel, trafo dan panel tegangan rendah, 3) Pemeriksaan Power Quality, 4) Dan pelayanan terkait instalasi listrik Pelanggan lainnya.

Tercatat, sebanyak 51,7 % dari keluhan gangguan yang masuk melalui Contact Center PLN 123 pada tahun 2020 di wilayah PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & DIY merupakan laporan kerusakan instalasi milik pelanggan yang bukan merupakan kewenangan atau tanggungjawab PLN. Jumlah total laporan tersebut mencapai rata-rata sekitar 221 ribu laporan pelanggan per bulan.

“Hal ini yang menjadi dasar dukungan PLN terhadap implementasi program ListriQu yang dirancang oleh anak usaha PLN yaitu Haleyora Power,” Imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU ListriQu Premium dengan PT Sritex dan PT Rayon Utama Makmur sebagai pelanggan perdana.

“Sebagai salah satu pelanggan industri besar, sudah menjadi kewajiban kami untuk dapat melayani kebutuhan PT Sritex Group dan PT RUM baik dari Hulu hingga ke Hilir tentang kelistrikan. Dan ListriQu dapat menjadi sebuah solusi bagi kebutuhan tentang instalasi kelistrikan industri,” ujar Irwansyah.

Sementara itu Direktur Umum PT RUM menyampaikan apresiasinya kepada PLN Group untuk layanan ListriQu Premium.

“Layanan ListriQu Premium ini akan sangat membantu khususnya di lingkungan pelanggan yang bergerak di bidang industri, mudah mudahan kedepan akan berjalan dengan lancar”, ungkap Rachmad.

Diharapkan industri lain di Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta dan sekitarnya juga mengikuti langkah menjadi pelanggan ListriQu Premium, sehingga akan turut membantu lebih memaksimalkan lagi pelayanan dan engagement PLN Group kepada pelanggan dan meningkatkan sektor perekonomian.