Ledakan dan Kebakaran Kilang Balongan, Bos Pertamina Buka Suara

Warga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. - Antara
29 Maret 2021 12:17 WIB Muhammad Ridwan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) belum dapat memastikan penyebab dari kebakaran tangki penyimpanan yang ada di area Kilang Balongan pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati api mulai menjalar ke tangki penyimpanan bahan bakar minyak pada Senin pukul 00.45 WIB. Namun, penyebab kebakaran tersebut masih terus didalami oleh perseroan bersama dengan pihak berwajib.

"Untuk penyebab kebakaran belum diketahui pasti dan hingga saat ini kami masih melakukan investigasi dibantu pihak-pihak berwenang," katanya dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (29/3/2021).

Saat ini, kata Nicke, fokus utama yang dilakukan tim di lapangan adalah menanggulangi api untuk tidak menjalar ke fasilitas tangki penyimpanan yang lain. Pihaknya telah melakukan penghentian operasional kilang untuk mengendalikan arus minyak guna mencegah penyebaran kebakaran.

Nicke menyebut pihaknya mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran dari internal dan pemerintah daerah Indramayu.

"Kami memohon kepada warga disekitar untuk tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran untuk memastikan itu kami melakukan pemblokiran jalan dan tentu saja kesehatan masyarakat di sekitar kilang menjadi prioritas utama," jelasnya.

Nicke memastikan tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut. Namun 5 orang mengalami luka dan tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sumber : Bisnis.com