Ini Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Soal Polemik Impor Beras

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan terkait polemik impor beras melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden - Youtube
27 Maret 2021 05:27 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah tidak akan mengimpor beras saat ini.

"Saya pastikan bahwa sampai Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia," ujarnya dalam pernyataan resmi yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

Wacana impor beras sebanyak 1 juta ton mendapat penolakan keras dari berbagai kalangan di masyarakat. Pasalnya, informasi tersebut digulirkan jelang panen raya sehingga berdampak pada anjloknya harga gabah di tingkat petani.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga memastikan Perum Bulog akan menyerap semua beras petani. Dia juga menugaskan Menteri Keuangan untuk membantu menyediakan anggaran.

Berikut pernyataan lengkap Presiden Jokowi terkait polemik impor beras:

"Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras. Saya tegaskan memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam, itu hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian.

Saya tegaskan sekali lagi berasnya belum masuk. Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan untuk membantu terkait anggarannya.

Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok."

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia