Advertisement

Catat Jadwalnya! Masyarakat Umum Kebagian Jatah Vaksin Covid-19 Pada Bulan Ini

Rahmad Fauzan
Selasa, 23 Maret 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Catat Jadwalnya! Masyarakat Umum Kebagian Jatah Vaksin Covid-19 Pada Bulan Ini Layanan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia umum di Istora Senayan, Jakarta Selatan. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menuturkan Program Vaksinasi Nasional bisa dilaksanakan kepada masyarakat umum mulai Mei atau Juni 2021 sesuai dengan peta jalan pemerintah.

Pemerintah saat ini masih terfokus menjalankan program vaksinasi yang secara khusus ditujukan kepada penerima prioritas, seperti tenaga kesehatan, aparatur negara, dan jurnalis. Berdasarkan linimasa Kementerian Kesehatan, vaksinasi terhadap masyarakat umum akan dilaksanakan April 2021.

Advertisement

Namun, pemerintah memastikan jadwal untuk vaksinasi masyarakat umum akan diundur. Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan pelaksanaan kemungkinan akan dilakukan pada Mei atau Juni 2021.

"Sesuai dengan peta jalan saat ini, vaksinasi untuk masyarakat umum paling cepat Mei atau Juni 2021," ujar Nadia ketika dihubungi, Selasa (23/3/2021).

Nadia mengatakan pemerintah saat ini masih fokus menyelesaikan vaksinasi tahap kedua dengan target mencapai sekitar 40 juta orang. Sejauh ini, total masyarakat yang sudah divaksinasi baru berkisar di angka 3,3 juta.

Dengan kata lain, progres vaksinasi lewat program pemerintah belum mencapai 10 persen dari total yang harus dicapai pada tahap tersebut. Apabila diperinci, vaksinasi tahap dua baru diberikan kepada 1,2 juta lansia dan 2,1 petugas pelayanan publik.

Nadia menambahkan, pemerintah juga belum memiliki hitung-hitungan terkait dengan jumlah masyarakat umum yang akan divaksinasi pada tahap awal nanti. Dilihat dari sisi urgensi, kepastian vaksin bagi masyarakat umum juga diperlukan sebagai modal awal bagi pemulihan di sektor riil guna menormalkan pergerakan massa.

Apabila dilihat dari rencana penyediaan, hal tersebut memang cukup mungkin dilakukan pada Mei mendatang. Sebab, Juru Bicara PT Bio Farma (Persero) memastikan puluhan juta dosis vaksin Sinovac akan terus berdatangan ke Tanah Air di sepanjang semester I/2021.

Pemerintah menjadwalkan sekitar 122 juta vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Tanah Air selama periode Januari sampai dengan Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement