Mesin Bermasalah, Percikan Api Muncul dari Trigana Air

Ilustrasi pesawat terbang - Pixabay
21 Maret 2021 10:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pesawat Trigana Air dengan registrasi PK-YSF mengalami masalah pada bagian mesin kode dua. Saat proses landing di Bandara Halim Perdana Kusuma, terlihat percikan api karena gesekan roda dengan aspal runway.

Meski terlihat percikan api kondisi pesawat masih utuh dan tidak terbakar. Proses pemadaman hanya membutuhkan waktu dua menit.

"Kalau percikan api ada karena gesekan dengan itu, tidak kebakar pesawatnya tidak, pesawatnya utuh. Kebakaran di bagian roda karena gesekan antara metal dengan aspal," kata Eksekutif General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Nandang Sukarna saat jumpa pers, Sabtu (20/3/2021).

Baca juga: Lebih dari 100.000 Orang di DIY Telah Disuntik Vaksin

Menurut Nandang, kondisi runway ada sedikit perbaikan karna tidak ada yang berarti sebetulnya. Namun, rintangannya ada di pinggir runway, karena pesawat itu menjadi rintangan untuk pesawat yang lain untuk take off dan landing.

"Maka itu kita perlu evakuasi pesawat yang mengalami insiden tersebut. Sehingga selama 1x24 jam atau sampai besok pagi Bandara di tutup untuk memperlancar proses evakuasi." Pungkasnya.

Sebelumnya pesawat cargo Trigana Air PK-YSF tujuan Makassar, Sulawesi Selatan ini take off dari Bandara Halim PK pukul 10.53 WIB. Pada pukul 11.18 WIB, Capt Pilot Marsa kontak ke Tower Halim untuk minta kembali ke Bandara Halim karena ada kendala pada satu engine rusak (failed).

Pesawat dengan registrasi PK-YSF landing, namun pada saat landing pesawat tergelincir yang mengakibatkan roda depan pesawat patah. Pesawat Trigana Air berisi 2 pilot, 1 teknisi, dan 1 FOO (Flight Operation Officer) semua aman tidak ada korban jiwa. 

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Tergelincir di Bandara Halim, Pesawat Trigana Air Sempat Keluarkan Percikan Api". 

Sumber : Okezone