Cerita Doni Monardo Pernah Dilarang Pakai Masker saat Awal Pandemi Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid/19 Letjen TNI Doni Monardo / Istimewa
09 Maret 2021 12:17 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo bercerita soal dirinya sempat dilarang menggunakan masker. Hal tersebut terjadi saat masa awal pandemi Covid-19.

"Saya pada saat pertama sekali memberikan penjelasan itu menggunakan masker. Sempat dilarang oleh salah satu petugas kesehatan internasional, 'Pak Doni anda jangan menggunakan masker. Masker hanya digunakan untuk mereka yang sakit, anda sehat, anda jangan pakai masker’,” kata Doni dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang disiarkan di kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (9/3/2021).

BACA JUGA : Doni Monardo: Kalau RT Disiplin, Angka Penularan Covid-19

Doni menyebut, bahwa larangan penggunaan masker lantaran situasi awal pandemi cukup sulit. Pada awal pandemi, kata Doni, arah kebijakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan kerap berubah.

“Kita juga belum tahu musuhnya seperti apa enggak kelihatan, banyak negara bimbang. Bahkan, WHO sendiri kebijakannya berubah-rubah," ujar Doni.

Doni juga bercerita soal masa-masa sulit pada awal pandemi. Di awal pandemi, kata Doni, akurasi data menjadi tantangan.

Selanjutnya, kekurangan ketersediaan alat pelindung diri (APD). Bahkan, kata dia, Indonesia mesti memutar otak untuk menyediakan APD yang memadai guna mencegah tenaga kesehatan berguguran.

BACA JUGA : Doni Monardo Negatif Covid 19, Siap Donor Plasma

"Kita bisa mendapatkan APD pada saat itu dengan jumlah 230 ribu unit. Atas bantuan dari Panglima TNI yang mengarahkan armada TNI AU untuk mendistribusikan APD ke seluruh Indonesia tidak waktu lama," kata Doni.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia