Dua Kasus Mutasi Corona B117 Muncul di Indonesia, Ini Pernyataan Wamenkes

Ilustrasi - Shutterstock
02 Maret 2021 16:07 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan.

Pendapat itu disampaikan Dante setelah pemerintah mengidentifikasi dua mutasi Virus Corona B117 yang berasal dari Inggirs di Tanah Air pada Senin (1/3/2021) malam.

“Artinya apa? Kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat keseriusan yang semakin berat,” kata Dante dalam peringatan satu tahun pandemi Covid-19 secara semi virtual pada Selasa (2/3/2021).

Adapun, temuan mutasi itu berasal dari laporan pemeriksaan terhadap 462 Whole Genome Sequence (WGS) virus SARS-CoV-2 yang berasal dari Indonesia yang telah dikirimkan ke GISAID untuk diteliti data genetik virus tersebut.

“Ini membuat tantangan baru ke depan untuk mengembangkan riset yang lebih cepat, model-model penanganan yang lebih baik, studi epidemiologi secara analitis karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” tuturnya.

Laporan Dante itu sekaligus menjadi titik balik dari peringatan satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret tahun lalu.

Saat itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan ke publik terkait kasus 01 dan 02 di Indonesia.

Dua orang itu adalah perempuan berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. Jokowi mengatakan dua orang ibu dan anak itu tertular virus dari orang Jepang yang berdomisili di Malaysia.

Sebelumnya, warga Jepang tersebut sempat berkunjung ke Indonesia dan berinteraksi dengan dua warga Indonesia tersebut. 

“Tapi, perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia