Advertisement

Banyak Wilayah Dilanda Banjir, Bagaimana Kondisi Peralatan Kelistrikan PLN?

Newswire
Minggu, 21 Februari 2021 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Banyak Wilayah Dilanda Banjir, Bagaimana Kondisi Peralatan Kelistrikan PLN? General Manager PLN UID Jakarta Doddy B Pangaribuan meninjau lokasi terdampak banjir di Duren Bangka, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). - ANTARA/Humas PLN Jakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyampaikan bahwa tidak ada kerugian signifikan yang dialami perseroan akibat banjir di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

"Berdasarkan pengalaman kami, hampir tidak ada kerusakan peralatan yang signifikan dari banjir," ujar Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Advertisement

Ia menyampaikan bahwa jika terdapat gardu yang terdampak banjir, pihaknya hanya perlu membersihkan lalu mengeringkannya sebelum dioperasikan. "Jadi, sebetulnya dari sisi material tidak signifikan," ucapnya.

Baca juga: HUT ke-17: Tagana Berperan Penting dalam Penanganan Bencana

Menurut dia, akibat banjir ini justru masyarakat yang mengalami kerugian karena membuat aktivitas ekonominya menjadi tertahan.

"Yang menjadi kerugian adalah masyarakat karena aktivitasnya berhenti sehingga tidak produktif menghasilkan sesuatu," katanya.

Secara terpisah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi banjir yang masih berpeluang terjadi pada Maret dan April 2021.

Baca juga: Medglow Aesthetic Clinic Hadir Perdana di Jogja

"Potensi banjir terutama kategori menengah masih harus diwaspadai pada Maret, namun daerah potensi banjir berkurang pada April," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal.

Herizal menjelaskan musim hujan 2020-2021 dipengaruhi dengan fenomena iklim global La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan hingga 40 persen, yang diperkirakan La Nina masih akan berlangsung setidaknya hingga Mei 2021.

Saat ini hampir sebagian besar wilayah Indonesia yaitu 96 persen dari zona musim telah memasuki musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement