Advertisement

Jadi Plh Wali Kota Magelang, Joko Fokus Tangani Covid-19

Nina Atmasari
Kamis, 18 Februari 2021 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Jadi Plh Wali Kota Magelang, Joko Fokus Tangani Covid-19 Serah terima jabatan dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito pada Joko Budiyono, Rabu (17/2/2021) di Pendopo Pengabdian, Pemkot Magelang. - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Sekda Kota Magelang Joko Budiyono ditunjuk sebagai Pelaksana harian (Plh.) Wali Kota Magelang, sampai dilantiknya pejabat definitif. Penunjukan ini tertuang pada SK Gubernur Jateng Nomor 131/0002748 Tahun 2021 Tentang Penunjukan Pelaksana Harian Bupati dan Walikota di Provinsi Jawa Tengah tanggal 16 Februari 2021.

Joko telah melaksanakan serah terima jabatan dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito pada Rabu (17/2/2021) di Pendopo Pengabdian, Pemkot Magelang. Usai sertijab, Joko menyatakan akan fokus terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Kota Magelang.

Advertisement

"Tugas pokok pelaksana harian Wali Kota adalah melaksanakan tugas rutin yang dijalankan oleh Wali Kota, dan yang harus menjadi fokus kita semua adalah penanganan pandemi covid-19," tegas Joko.

Baca juga: Rekruitmen CPNS dan PPPK 2021 Dibuka April-Mei

Bahkan Joko menargetkan selama 10 hari dirinya menjabat sebagai Plh. Wali Kota, terutama selama masa PPKM, skor indikator epidermiologi di Kota Magelang harus kembali hijau. Hal ini agar roda perekonomian masyarakat kembali normal. Pada tugas ini, pihaknya ingin semua unsur mulai Polri, TNI, hingga masyarakat terlibat dalam penanganan Covid-19 di wilayah ini.

"Pelaksanaan masa PPKM di Kota Magelang ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh pihak, terutama jajaran Pemkot Magelang, dan terutama lagi jajaran Lurah se Kota Magelang. Kita ingin penanganan covid ini bisa masif lagi, dan target saya selama 10 hari saya menjabat Plh. Walikota, Kota Magelang bisa menjadi zona hijau kembali. Kalau itu bisa terwujud, maka luar biasa," ujarnya.

Selain itu, ada beberapa tugas yang penting dan prioritas yang akan dikerjakan antara lain, persiapan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, serta penyusunan RPJMD dan RKPD Tahun 2022.

Baca juga: Baleg DPR Tunggu Keputusan Bamus soal Prolegnas Sebelum Revisi UU ITE

"Nah itu konsentrasi kami saat ini, supaya masa transisi ini biar lancar," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang periode 2010-2015 dan 2016-2021 Sigit Widyonindito optimis selama masa transisi, Joko Budiyono yang selama ini mendampinginya menjadi Sekretaris Daerah akan menjalankan tugas dengan baik.

"Pak Sekda, pak Joko ini sudah tau yang harus dilakukan. Beliau ini kan basic-nya birokrat, selain itu juga memiliki etos kerja bagus, cepat, dan tegas," katanya.

Sigit memberikan semangat dan dukungan penuh kepada Joko Budiyono, terutama terkait penanganan Covid-19 di Kota Magelang. Menurutnya, langkah yang sudah diambil selama ini sudah tepat dan benar.

"Pak (Plh.) Wali tidak usah tegang to. Selamat melaksanakan tugas Pak Sekda sebagai Plh. Wali Kota Magelang," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement