Jokowi Saksikan Vaksinasi Pedagang Tanah Abang

Ilustrasi - Antara
17 Februari 2021 11:37 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hari ini, Rabu 17 Februari 2021, vaksinasi kepada petugas pelayanan publik dimulai. Pada kesempatan pertama, vaksinasi akan dilakukan pada pedagang di Pasar Tanah Abang. Kementerian Kesehatan menargetkan vaksin disuntikkan kepada 1.500 orang hari ini.

Dipantau melalui siaran langsung Kemenkes, peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi juga sudah cukup banyak. Vaksinasi perdana tahap kedua ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

BACA JUGA : Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dimulai 17 Februari

Vaksinasi tahap kedua di Pasar Tanah Abang menjadi pilot project vaksinasi di DKI Jakarta untuk selanjutnya juga dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu menuturkan, vaksinasi Covid-19 ditargetkan menyasar 55.000 pedagang pasar Tanah Abang dan akan berlangsung selama enam hari.

"Harapannya, vaksinasi akan bergulir untuk seluruh pedagang pasar di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia," ujarnya.

Dengan dimulainya program vaksinasi tahap kedua hari ini, diharapkan vaksinasi tahap kedua selesai pada Mei 2021. Mei, pemerintah menargetkan memulai tahapan vaksinasi untuk masyarakat lainnya.

BACA JUGA : Vaksinasi Tahap Kedua di Jateng Sasar 870.372 Pedagang

Adapun, vaksinasi tahap kedua ini akan mencakup 38,5 juta penduduk, dengan perincian 21 juta lansia dan hampir 17 juta pekerja publik.

Maxi mengatakan kelompok masyarakat yang masuk vaksinasi tahap dua adalah yang memiliki mobilitas dan interaksi tinggi sehingga sangat rentan tertular Covid-19.

Melihat besarnya target penerima vaksin tahap dua, Maxi mengatakan vaksinasi akan dilakukan bertahap mulai dari 7 provinsi di Jawa dan Bali yang merupakan zona merah dan memiliki tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia.

Dengan demikian, sekitar 70 persen vaksin Covid-19 nantinya akan diprioritaskan untuk tujuh provinsi di Jawa-Bali, sedangkan 30 persen sisanya akan ditujukan untuk 27 provinsi lainnya.

Berikut video pelaksanaan vaksinasi untuk petugas pelayanan publik dari saluran Kemenkes di Youtube.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia