Berhari-hari Tak Kelihatan, Seorang Pria Ditemukan Membusuk di Rumah

Ilustrasi - Freepik
13 Februari 2021 21:27 WIB Candra Mantovani News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Mayat seorang pria ditemukan sudah membusuk di dalam rumahnya di Karang Tengah, Jatipuro, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (13/2/2021). Diduga, mayat yang semasa hidup bernama Joko Sadono warga Karang Tengah RT 008/ RW 004, Jatipuro, Karanganyar tersebut sudah meninggal selama tiga hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JIBI, penemuan mayat tersebut berawal dari salah satu kerabat korban yang ingin mengecek keadaan dan kesehatan korban. Hal ini lantaran saksi satu mendapatkan informasi dari tetangganya jika korban selama beberapa hari tidak menampakan diri. Namun, saat memasuki rumah korban, saksi menemukan tubuh korban yang sudah tidak bernyawa dalam keadaan membusuk.

Kapolsek Jatipuro, AKP Hasto Broto, mengatakan mayat ditemukan warga terjadi pada pukul 10.30 WIB. Korban yang sehari-hari bekerja sebagai petani tersebut diketahui hidup sendirian di rumahnya.

“Saat mau mengecek, saksi satu yang merupakan saudara korban melihat rumah dalam keadaan terkunci dan mencium bau busuk dari dalam rumah. Karena takut, saksi satu memanggil saksi dua untuk membukakan pintu belakang. Setelah bisa masuk, korban ditemukan sudah meninggal dalam keadaan membusuk,” kata Kapolsek.

Melihat kondisi tersebut, saksi kemudian meminta tolong ketua RT untuk melaporkan hal tersebut ke Polsek Jatipuro sekitar pukul 12.00 WIB. Polsek Jatipuro kemudian berkoordinasi dengan Puskesmas Jatipuro dan Tim Inafis Polres Karanganyar untuk melakukan pengecekan fisik luar korban. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dari tubuh korban.

“Diduga korban sudah meninggal selama tiga hari sebelum ditemukan. Dari kesaksian tetangga, korban beberapa hari mengeluh tidak enak badan dan sempat membeli obat masuk angin pada Rabu [10/2/2021] kemarin,” imbuh dia.

Lantaran keluarga korban sudah menerima kondisi tersebut, maka tidak dilakukan autopsi pada tubuh korban. Pemakaman dilakukan oleh Tim BPBD Karanganyar lantaran pertimbangan tubuh korban yang sudah membusuk. Korban dimakamkan di Pemakaman Manggis Dusun Sangen, Jatipuro, Karanganyar.

 

Sumber : JIBI/Solopos