Jokowi Minta Kepala Daerah Tak Ragu Terapkan Lockdown Wilayah

Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 dari Istana Negara, Jakarta / Biro Pers Sekretariat Presiden
11 Februari 2021 12:37 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk tidak ragu mengambil kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga karantina wilayah atau lockdown jika diperlukan.

“Jika dirasa perlu ini PPKM bisa dilakukan, tetapi dalam skala mikro dalam lingkup yang kecil baik itu dalam skala kampung, skala desa, RW atau RT saja,” katanya dalam acara peresmian pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/2/2021).

BACA JUGA : Banyak Warga Tertular Covid, Satu Kampung di Bantul Terancam Lockdown

Menurutnya, salah menerapkan kebijakan lockdown berskala besar akan sangat merugikan sisi perekonomian daerah terdampak. Sebaliknya, lockdown berskala mikro yang tepat, justru dinilai efektif menyetop penyebaran virus tetapi tidak berdampak pada laju kegiatan ekonomi masyarakat.

Kepala Negara juga sudah memerintahkan seluruh kepala daerah atau Apeksi bersama TNI dan Polri untuk tidak sekadar mengimbau masyarakat memakai masker, tetapi juga ikut memberikan masker.

BACA JUGA : Tidak Ada Aturan Khusus soal Lockdown RT di Jogja

Jokowi menilai, ada orang-orang yang tidak memakai masker karena memang tidak mampu membeli masker.

“Satu tambah perintahnya, juga harus bagi masker karena rakyat kadang juga tidak mampu untuk beli masker,” ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia