Situasi Sulit karena Pandemi, Wartawan Harus Sajikan Kebenaran

Bupati Magelang, Zaenal Arifin. - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang
11 Februari 2021 04:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG-- Bupati Magelang, Jawa Tengah, Zaenal Arifin turut memberikan perhatian terhadap Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari.

Zaenal Arifin berpesan bahwa, di tengah masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, jurnalis harus tetap mampu dan semangat dalam memberikan informasi yang benar sesuai kode etik jurnalistik kepada masyarakat.

"Pertama saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021 kepada rekan-rekan wartawan atau jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Magelang. Tentu kondisi Pandemi seperti sekarang ini dirasa sulit bagi rekan-rekan wartawan dalam menjalankan tugas. Namun demikian saya berpesan, meski di tengah pandemi, jurnalis harus mampu memberikan informasi yang benar sesuai kode etiknya kepada masyarakat," kara Zaenal Arifin, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Lima Kalurahan di Kota Jogja Zona Merah Covid-19, Ini Daftarnya

Menurutnya, informasi yang diberikan dari para jurnalis kepada masyarakat, sekaligus juga untuk memberikan pembelajaran sehingga akan bermanfaat dan tidak akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Saya tahu bahwa rekan jurnalis pasti sudah menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai dengan kode etiknya. Sinergitas di semua lini termasuk di teman-teman wartawan juga kita butuhkan untuk menjaga kondusifitas dalam membangun Kabupaten Magelang," tambahnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Magelang di tengah masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) juga telah memberikan fasilitas kesehatan mulai dari rapid tes, swab tes yang telah dilakukan beberapa waktu lalu untuk mengantisipasi dari paparan virus Covid-19.

Baca juga: Mulai Besok, Perbatasan Kulonprogo-Purworejo Akan Diberlakukan Penyekatan Kendaraan

Selain itu, rencananya dalam waktu dekat para wartawan juga akan segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan sudah dalam proses pendataan.

"Tentunya kami Pemerintah juga peduli terhadap rekan-rekan wartawan utamanya saat ini di bidang kesehatan. Semoga nanti juga bisa segera mendapatkan vaksinasi agar anti bodinya bisa lebih kuat terhadap virus Covid-19," pungkas Zaenal.