Kuota Belum Jelas, Keberangkatan Jemaah Haji di Bantul Terancam Ditunda

Ibadah haji. - Ist/Freepik
07 Februari 2021 17:07 WIB Jumali News Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Rencana pemberangkatan 927 calon jemaah haji dari Bantul ke Tanah Suci terancam ditunda.

Sebab, adanya pandemi Covid-19 membuat Kantor Kemenag Bantul, sampai kini belum menerima kejelasan kuota jemaah yang akan diberangkatkan.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan kepastian, terkait dengan kuota pemberangkatan. Bisa saja 927 calon jemaah pemberangkatannya tertunda,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bantul, Ahmad Mustafid, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Jateng di Rumah Saja Bikin Pantai Parangtritis Ikut Sepi

Kendati demikian, dia memastikan kegiatan persiapan ke Tanah Suci tetap digelar, salah satunya adalah manasik haji yang digelar setiap Jumat melalui daring. Hal ini dilakukan agar, nantinya jika telah ada kejelasan kuota jemaah, maka mereka siap untuk disiapkan.

“Tentunya kami akan prioritaskan jemaah tahun 2020 dan yang telah melunasi biaya haji. Untuk 2021, kami belum bergerak, karena belum ada kejelasan kuota dan masih pandemi,” terangnya.

Di sisi lain, Kemenag Bantul saat ini terus berupaya memfasilitasi dan mendampingi jemaah haji yang masa aktif paspornya akan habis, sebelum 14 Februari mendatang.

Baca juga: Muncul Dua Kubah Lava di Gunung Merapi, Pertama Kalinya dalam Sejarah

“Kami telah bekerja sama dengan Kantor Imigrasi untuk perpanjangannya. Harapannya, begitu sudah ada kejelasan kuota nantinya, mereka juga telah siap,” paparnya.