Tanah Longsor di Magelang Sebabkan Empat Orang Terluka dan Delapan Jiwa Mengungsi

Tanah longsor terjadi di Dusun Prampelan Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/1/2021). - Ist/dok BPBD Kab Magelang
26 Januari 2021 21:27 WIB Nina Atmasari News Share :

 Harianjogja.com, MAGELANG- Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Prampelan Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bencana ini menyebabkan empat orang terluka dan dua keluarga terdiri delapan jiwa harus mengungsi.

Empat warga yang terluka adalah Slamet Ardiyanto, 39; Anisafiroh, 32; Zidni, 10, ketiganya dibawa ke Puskesmas Kaliangkrik dan Riyoto, 59, dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengungkapkan bencana tanah longsor itu terjadi pada Selasa (26/1/2021) sore pukul 15.30 WIB. “Saat kejadian, wilayah tersebut turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” jelasnya.

Akibatnya, tebing setingi 25 meter dengan lebar 10 meter longsor dengan membawa material rumpun bambu. Di bawah tebing tersebut merupakan jalan dusun, dan di bawah jalan terdapat rumah warga.

Longsoran rumpun bambu menutup askes jalan dan menimpa empat rumah warga. Sebanyak dua rumah mengalami rusak berat , satu rumah rusak ringan, satu kandang rusak ringan.

“Selain itu akibat kejadian tersebut empat warga mengalami luka dan dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro dan Ke Puskesmas kaliangkrik,” jelas Edy.

Setelah longsor tersebut, dua keluarga yang rumahnya rusak berat harus mengungsi terdiri keluarga Slamet Ardiyanto dan keluarga Riyoto, masing-masing terdiri empat jiwa.