Kapolres Magelang Kota Berangkat Belajar ke Inggris, Wali Kota Titip Ini

Kapolres Magelang Kota Berangkat Belajar ke Inggris, Wali Kota Titip IniWali Kota Magelang Sigit Widyonindito (kanan) melepas Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan (dua dari kanan) untuk belajar ke Inggris, Selasa (5/1/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang
05 Januari 2021 22:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG - Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan diterima sebagai mahasiswa Program MSc Criminal Justice and Criminologi, University of Leeds, Inggris. Ia menjadi satu-satunya perwira di lingkungan Polda Jawa Tengah yang mendapat kesempatan emas itu.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito turut bangga dengan capaian Kapolres tersebut. Ia pun berharap, sosok Nugroho Ari Setyawan bisa turut mempopulerkan nama Kota Magelang kepada dunia.

"Saya titip pesan Pak Kapolres, kenalkan Kota Magelang kepada orang-orang di Inggris, atau yang sedang kuliah di sana. Nanti setelah pandemi ini berakhir, mereka jadi tertarik untuk datang ke Kota Magelang," ujar Sigit, saat menghadiri seremonial sederhana pelepasan keberangkatan Kapolres Magelang Kota di komplek mapolres Magelang Kota, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Benarkah Benda yang Ditemukan di Kotawaringin Bangkai Pesawat AirAsia? Ini Kata KNKT

Sigit juga berterima kasih karena selama bertugas ikut menjaga kondusivitas daerah dengan baik. Tidak saja urusan kriminalitas, namun intansi Polres Magelang Kota juga mempraktikkan sisi humanis di tengah-tengah masyarakat.

"Pendekatan yang dilakukan kepolisian luar biasa. Termasuk saat situasi pandemi seperti sekarang, pendekatan persuasif yang selalu dikedepankan," pungkasnya.

AKBP Nugroho Ari Setyawan mendapat kesempatan menempuh pendidikan strata 2 (S2) di Inggris melalui jalur beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Baca juga: Pematokan Tol Jogja-Bawen Dimulai Pekan Ketiga Januari 2021

Kasubag Humas Polres Magelang Kota Iptu Suharto mengatakan, beasiswa mahasiswa magister dan doktoral ini hanya meloloskan 4 orang se-Indonesia.

"Salah satunya adalah Bapak Kapolres Nugroho Ari Setyawan. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi institusi Polres Magelang Kota," kata Suharto.

Ia mengatakan, Nugroho sebelumnya mengikuti seleksi secara ketat sejak tahun 2020. Kapolres yang berusia 39 tahun tersebut mendapat pengumuman bahwa dirinya diterima menjadi mahasiswa di UCL untuk gelar magister.

"Menjabat di sini sekitar 10 bulan, tapi memang beliau (Kapolres Magelang Kota) dikenal sebagai pribadi yang sangat rajin belajar. Ada kesempatan ini, beliau langsung mengambilnya," ucapnya. (*)