Pemesanan Hotel di Jogja & Bali Naik 8 Kali Lipat

Pekerja melayani tamu di Hotel The Priangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). - Antara/Adeng Bustomi
23 Desember 2020 17:17 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan berbasis Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, Tiket.com, menyebut peningkatan volume transaksi pemesanan hotel di Jogja dan Bali pada November 2020.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan bahwa peningkatan pemesanan tiket tersebut untuk tujuan utama, Bali dan Jogja yang meningkat 8 kali lipat bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.   

BACA JUGA: Ini 10 Youtuber dengan Penghasilan Terbesar 2020

“Pada kuartal IV/2020, yaitu per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67 persen dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56 persen dibandingkan dengan data kuartal III/2020,” ujarnya lewat rilisnya, Rabu (23/12/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pada November, permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Jogja, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118 persen bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW LOKAL.  

OTW Lokal merupakan promo pariwisata yang diadakan tiket.com untuk pemesanan akomodasi perjalanan mulai dari hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, hingga tempat wisata.

Dia melanjutkan mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember sebesar 74 persen, liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari sebesar 20 persen, sisanya untuk sepanjang 2021.

BACA JUGA: TPST Piyungan Berkali-kali Ditutup Warga, Ini Respons Pemda DIY

“OTW LOKAL berikan kontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Ini menunjukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya,” katanya

Dia mengatakan bahwa transaksi harian pembelian tiket pesawat pun naik tajam hingga 60 persen dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW LOKAL berlangsung.

“Sebanyak 79 persen tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaitu Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Jogja,” ujarnya.

Selanjutnya, dia juga mengatakan bahwa 20 persen dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW LOKAL kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021. 

“Bahlan, Transaksi fitur Tiket To Do dari pelanggan selama OTW LOKAL melompat 172 persen atau hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pelanggan seminggu sebelum OTW LOKAL,” katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia