Pernah Jadi Dokter Teladan Nasional, Dokter Hermanu di Magelang Meninggal karena Covid-19

Ilustrasi. - Reuters
11 Desember 2020 21:27 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Seorang dokter di Puskesmas Mungkid, Kabupaten Magelang, dokter Hermanu Kusomo Widodo, 60, meninggal dunia setelah terpapar Covid-19.

Dokter Hermanu diketahui pernah menjadi Kepala Puskesmas Mungkid, bahkan pernah menjadi dokter teladan tingkat nasional juara I tahun 1997.

Juru bicara Satgas Covid-19, Nanda Cahya Pribadi membenarkan dokter Hermanu meninggal dunia karena Covid-19. "Kami menyatakan ikut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya pejuang Covid-19, pejuang kesehatan. Semoga segala amal ibadah almarhum di terima di sisi Alloh Swt," kata Nanda, dalam konferensi pers Covid-19, yang berlangsung di Command Center Pemkab Magelang, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Alhamdulillah...6 Santri An-Nur Ngrukem Bantul Sembuh dari Covid-19

Dokter Hermanu yang merupakan dokter fungsional ini meninggal dunia di RSUD Tidar Kota Magelang, Kamis (10/12/2020) pukul 20.00 WIB. Jenazahnya dimakamkan sesuai protokol Covid-19, di pemakaman Karanggayam Mungkid, Jumat (11/12/2020) pukul 09.00 WIB.

Menurut Nanda, dokter Hermanu menjadi nakes pertama di Kabupaten Magelang yang meninggal dunia karena Covid-19. Sebelumnya, ada beberapa tenaga kesehatan yang juga terkonfirmasi Covid-19, namun mereka semua sembuh.

Baca juga: Proyek Samudra Raksa Rampung tapi Belum Jelas Kapan Difungsikan

Dokter Hermanu diketahui memiliki riwayat penyakit. "Almarhum memang sudah sakit lebih dahulu," ungkap Nanda.

Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo menambahkan almarhum sebelumnya di rawat di RS Merah Putih sekitar tiga minggu yang lalu.

Selama dua hari di rawat di RSMP, almarhum kemudian di pindah ke RSUD Tidar Kota Magelang. "Namun Tuhan berkehendak lain," katanya.