Habib Rizieq Ditetapkan Tersangka, Netizen Komentari Video 2017

Habib Rizieq Shihab - Antara/Arsip
11 Desember 2020 04:17 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.comJAKARTA--Sebuah video lama Pendiri Front Pembela Islam, FPI, Habib Rizeq Shihab mendapat komentar sejumlah netizen, Kamis (10/12/2020). Seperti diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Penyidik pun akan melakukan upaya paksa untuk menangkap Rizieq.

Sementara itu, video di Channel Youtube LDTV, yang dipantau Kamis (10/12/2020), memperlihatkan Habib Rizieq bersama sejumlah anggota FPI memantau banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Walaupun banjir sudah surut, tetapi nanti khawatir ada banjir susulan. Makanya kami akan bantu para warga yang jadi korban banjir ini," begitu diucapkan Rizieq seperti ditayangkan di Channel Youtube LDTV tersebut.

BACA JUGA : Polisi Mulai Periksa Saksi Kasus Penembakan 6 Laskar FPI 

Menurut Habib Rizieq, FPI dan sejumlah ormas Islam yang terafiliasi tidak hanya bakal memberikan bantuan baju sekolah untuk anak-anak korban banjir dan kebutuhan sandang maupun pangan masyarakat. Ia juga menyatakan akan mengerahkan anggota FPI untuk membantu dalam bentuk tenaga.

"Ini ada Laskar FPI dan GNPF yang akan bergerak untuk membersihkan lumpur dan lainnya. Tidak boleh bantuan ini berhenti sampai benar-benar semuanya normal," katanya.

Dia juga mengimbau seluruh anggota 212 agar tidak melulu melakukan demonstrasi, tetapi juga harus bergerak membantu masyarakat yang menjadi korban banjir di sejumlah lokasi di DKI Jakarta.

"Ruh 212 itu tidak boleh hanya digunakan untuk demo saja, tetapi juga harus membangun kebersamaan, tanpa memandang ras, suku bahkan agama," ujarnya.

BACA JUGA : Kepada DPR, Keluarga Paparkan Kondisi Laskar FPI yang

Sementara berdasar keterangan yang terdapat di akun LDTV, video tersebut merupakan rekaman tahun 2017.

"Video ini sudah lama pada tahun 2017. Antusias warga saat menyambut IB HRS ketika mengunjungi dan bantu para korban bencana banjir dan kebakaran di daerah cipinang Jakarta bersama HILMI yg di ketuai oleh Al Habib Ali Al Hamid dan di bantu para Laskar FPI," demikian tertulis pada keterangan akun LDTV.

Sementara, saat dikonfirmasi, Kamis (10/12/2020) Aziz Yanuar, kuasa hukum Habib Rizieq, membenarkan adanya kegiatan tersebut.

"Sedang membantu korban banjir, kalau enggak salah di Kampung Makassar, itu," ujar Aziz.

Sejumlah warganet memberi komentar bernada positif kepada Habib Rizieq. Komentar tersebut mayoritas dibuat 4 jam sebelum Bisnis melihatnya pada pukul 22.32 WIB.

Berikut video dimaksud:

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia