Advertisement

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksinasi Covid-19, Ini Tugas Mereka

Akbar Evandio
Senin, 07 Desember 2020 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksinasi Covid-19, Ini Tugas Mereka Juru Bicara Pemerintah Dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Senin (21/9/2020). - Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengumumkan lima juru bicara vaksinasi Covid-19 untuk memudahkan sosialisasi dan koordinasi.

"Pemerintah telah menunjuk lima juru bicara vaksinasi covid-19 di tingkat pusat dari empat instansi yang merupakan leading sector, baik dalam pengadaan vaksin Covid-19 maupun pelaksanaan vaksinasi Covid-19," ujarnya melalui konferensi virtual, Senin (7/12/2020).

Advertisement

Dia menyebutkan bahwa untuk yang pertama adalah Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito yang juga merupakan Ketua Tim Pakar Penanganan Covid-19.

Johnny menjelaskan bahwa Wiku akan menyampaikan aspek ilmiah terkait dengan vaksin Covid-19 dan korelasinya dengan pengendalian Covid-19. Selain itu, Wiku juga akan menyampaikan pesan menyeluruh dari segala aspek terkait secara umum umbrella message mengenai vaksin dan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Kedua, Reisa Broto Asmoro yang merupakan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Satuan Tugas Penanganan Covid-19 turut ditunjuk sebagai juru bicara dari Satuan Tugas Covid-19.

“Secara tugas berkala dia akan menyampaikan informasi terkait hidup sehat yang berbasis pencegahan, termasuk imunisasi dan vaksinasi,” katanya.

Ketiga, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi ditunjuk sebagai juru bicara dari Kemenkes yang akan menyampaikan informasi terkait dengan kebijakan program vaksinasi dan hubungan vaksin Covid-19 dan perizinan vaksin, dan kebijakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Keempat, Direktur Registrasi Obat Badan POM Lucia Rizka Andalusia juga diamanahkan sebagai Juru Bicara BPOM untuk memberi tanggapan untuk isu perizinan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin covid-19.

Kelima, sebagai juru bicara dari PT Biofarma adalah Corporate Secretary PT Bio Farma Bambang Heriyanto yang akan menerangkan sisi logistik dan pendistribusian vaksin yang merata ke seluruh Indonesia.

Di samping itu, dia akan memberi tanggapan untuk isu terkait jenis, produk, dan distribusi vaksin Covid-19.

“Penunjukan juru bicara dari leading sector ini disertai dengan pembagian lingkup informasi spesifik untuk tiap-tiap jubir ditujukan agar diseminasi informasi dan komunikasi publik dapat dilakukan secara akurat, cermat, dan cepat tanggap,” kata Johnny.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement