Rizieq Shihab Kabur dari Rumah Sakit, Begini Kronologinya

Habib Rizieq Shihab. - Ist/tangkapan layar YouTube/FRONT TV
29 November 2020 09:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BOGOR - Rizieq Shihab kabur dari RS Ummi Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2020) malam. Dia kabur setelah dirawat sejak Rabu (25/11/2020).

Habib Rizieq awalnya diminta oleh Wali Kota Bogor Bima Arya untuk melakukan tes swab, Kamis (26/11/2020). Bima menilai walau tidak ada gejala, Rizieq sudah bertemu banyak orang.

"Saya sudah meminta agar Habib Rizieq segera diswab. Walaupun tanpa gejala tapi beliau kan interaksi cipika cipiki dengan banyak orang dan sudah banyak yang positif," kata Bima, Kamis.

Baca juga: Tahap Pertama, DIY Dijatah 2,2 Juta Vaksin Covid-19

Sehari kemudian, keluarga Rizieq disebut sudah mengizinkan untuk menjalani tes swab. Namun saat itu rumah sakit belum mengetahui teknisnya.

"Dari keluarga ngikut rumah sakit dan dokter," kata Dirut Utama RS Ummi Andi Tata, Jumat (27/11/2020).

Beredar Kabar, Habib Rizieq Kabur dari RS Ummi Namun ternyata Habib Rizieq sudah melakukan tes swab secara diam-diam. Tes dilakukan bersama dokter dari Mer-C.

Bima Arya terkejut dengan kabar tersebut dan meminta penjelasan rumah sakit. Dia sempat meminta Satgas Covid-19 agar Habib Rizieq tes swab ulang.

Baca juga: Pramuka DIY Turun Tangan Bantu Tanggulangi Covid-19

Lagi-lagi, Rizieq tidak mau patuh dengan imbauan Bima Arya. Keluarga Habib Rizieq beralasan sakit bila harus tes ulang. "Penjelasan keluarga keberatan mengapa harus dua kali, karena diswab sakit," kata Bima, Jumat.

Merasa kecolongan, Bima Arya tegur keras RS Ummi. Pengelola juga sudah dilaporkan ke polisi. Terbaru, Habib Rizieq ternyata kabur dari RS Ummi, Sabtu malam. Dia keluar tanpa sepengetahuan rumah sakit. "HRS itu sehat abis cek up dan bagus kondisinya ya pulang," kata Kuasa Hukum FPI Aziz Yanuar, Minggu (29/11/2020).

Berita ini sudah tayang di INews.id dengan judul "Kronologi Habib Rizieq Tolak Swab hingga Kabur dari RS Ummi". 

Sumber : INews.id