Satgas Covid-19: Libur Panjang Jadi Pelajaran Penting

Warga mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Jumat (14/4). - Antara/Angga Budhiyanto
27 November 2020 12:37 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Menjelang libur panjang akhir tahun 2020, Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat belajar dari pengalaman libur panjang pada bulan-bulan sebelumnya dalam masa pandemi Covid-19.

"Dari data yang kami peroleh, terdapat peningkatan kasus positif pascaliburan panjang tersebut," jelas Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, dikutip Jumat (27/11/2020).

Menurut dia, Satgas juga memahami kondisi pelaku usaha di sektor pelaku usaha di sektor pariwisata dalam pandemi Covid-19, terutama mendekati akhir tahun.

Namun, dia menegaskan peningkatan kasus positif Covid-19 yang tidak terkendali juga dapat berdampak buruk pada terhadap kelangsungan usaha berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Oleh karena itu, imbuh Wiku, pemerintah harus berusaha agar dapat meminimalisir peningkatan kasus positif, sehingga peningkatan kasus dapat lebih dikendalikan.

"Kebijakan yang akan diambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai dampak termasuk terhadap sektor pariwisata," lanjut Wiku.

Ia meminta pengertian dari semua pihak agar kondisi aman dari Covid-19 dapat terjaga. Meskipun masa libur akhir tahun sudah di depan mata.

Satgas Penanganan Covid-19 saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian/lembaga terkait keputusan masa libur panjang akhir tahun 2020.

Wiku juga memastikan pemerintah masih mengkaji keputusan yang akan diambil terkait libur panjang.

“Apapun keputusan yang akan diambil pemerintah akan selalu mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Karena kita tidak boleh lengah," imbuh Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia