Perempuan Harus Tetap Berdaya di Tengah Pandemi Covid-19

Windarti Agustina (kanan) dalam acara Ngopi Malam "Menyeimbangkan Karier dan Keluarga", di Reys Gelato & Coffee Bar Magelang, Senin (16/11/2020) malam. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan
17 November 2020 10:57 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Pandemi Covid-19 yang melanda lebih dari delapan bulan terakhir berdampak pada semua kalangan termasuk kaum perempuan. Baik perempuan bekerja maupun ibu rumah tangga mendapatkan tantangan tersendiri dalam menjalani hidup mereka sehari-hari.

Sebagai tokoh masyarakat, Windarti Agustina terus menyemangati para perempuan agar mereka tetap berdaya di tengah pandemi. Menurut aktivis perempuan di Kota Magelang ini, ada dua hal yang perlu diperhatikan para perempuan di masa pandemi ini.

"Pertama adalah dukungan moral bagi ibu-ibu, yang di saat pandemi ini menghadapi anak-anaknya di rumah, harus mengajari anak-anaknya belajar sekaligus melaksanakan tugas mensuport suami," kata Windarti dalam acara Ngopi Malam dengan tema Menyeimbangkan Karier dan Keluarga, Senin (16/11/2020) malam.

Baca juga: Pernikahan Mulai Ramai, Wedding Organizer Komitmen Jaga Protokol Pencegahan Covid-19

Menurut Wakil Wali Kota Magelang periode 2014-2019 ini, pandemi Covid-19 bisa menjadi kesempatan bagi ibu-ibu yang selama ini jarang punya waktu untuk family time. Pembatasan yang diterapkan sebagai protokol kesehatan mencegah penularan virus membuat keluarga bisa memanfaatkan waktu yang panjang untuk di rumah saja, yang biasanya jarang dilakukan. Tentu saja, hal ini akan merekatkan kembali keluarga.

Upaya kedua adalah mengajak bersabar dalam menghadapi pandemi ini. Sambil bersabar, ia mengajak kaum perempuan menggali potensi diri. Lulusan Universitas Tidar Magelang ini mengaku kagum setelah menemukan ibu-ibu yang selama pandemi kreativitasnya meningkat, sekarang bisa membuat ornamen, masakan, lalu jualan online, bahkan punya produk sendiri yang ditawarkan online.

Guna mendukung para perempuan kreatif tersebut, Windarti meminta mereka menawarkan barang jualan tersebut padanya. "Kirim ke saya, saya akan beli, saya bahkan bikin video testimoni, saya dukung ibu-ibu yan punya usaha di rumah," katanya dalam diskusi yang digelar di Reys Gelato & Coffee Bar Magelang dan disiarkan live melalui Facebook dan Instagram Harian Jogja tersebut.

Baca juga: PHRI Sebut RUU Larangan Minuman Beralkohol Perburuk Iklim Usaha

Windarti juga menuturkan para perempuan yang punya kesempatan agar tetap menjalankan usahanya untuk mendukung ekonomi keluarganya. Meski demikian, ia berpesan mereka harus menjaga diri, melindungi diri terutama mereka yang beraktivitas di luar rumah sebab potensi penularan Covid-19 sangat tinggi.

"Memang mencari nafkah itu penting untuk keluarga, tapi lebih penting menjaga melindungi kesehatan diri. Berangkat dengan perlindungan yang cukup, sarung tangan, masker dan di dompet selalu ada sanitizer. Ingat juga menjaga jarak di manapun," paparnya.

Selama menjalankan tugasnya sebagai Wakil Wali Kota, Windarti yang saat ini sedang cuti karena mengikuti Pilkada Kota Magelang ini mengungkapkan dirinya sering turun ke lapangan membantu masyarakat. Dengan terjun langsung, ia jadi tahu perkembangan masyarakat Kota Magelang termasuk menyerap apa yang dirasakan mereka.

Dengan cara ini, perempuan kelahiran 27 Agustus 1967 ini jadi tahu apa kebutuhan mereka selama pandemi. Ia pun juga memberikan dukungan moral pada warga agar mereka bersabar dan tetap tegar menghadapi pandemi ini. Selain itu, ia juga memberikan edukasi tentang protokol kesehatan mencegah Covid-19. Bahkan, Windarti memberikan contoh langsung, termasuk memberi masker, sanitizer atau bahkan sabun untuk cuci tangan.

Dengan banyaknya kegiatan yang harus ia lakukan, ibu satu anak ini pun tak lupa untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Setiap pagi, ia rutin minum teh panas dicampur lemon dan madu. "Sarapan secukupnya saja, dua potong buah. Buat pagi hari, sarapan tidak terlalu banyak, siang hari sedikit mengurangi karbo, dan banyak makan sayuran dan buah buahan," kata penyuka buah naga ini.

Ia juga terus mengajak warga terutama perempuan untuk menjaga kesehatannya dengan sering mengajak mereka senam bersama, termasuk lansia dan aerobik bersama ibu-ibu muda. Dalam kegiatan tersebut ia mengedukasi tentang protokol kesehatan, olahraga dan pola hidup sehat agar terhindari dari virus Covid-19.