Bakal Bayar Orang yang Tak Kerja, Biden Lockdown AS Selama 4-6 Pekan untuk Kendalikan Covid-019

Petugas medis merawat pasien Covid-19 di Unit Perawatan Intensif (ICU) Rumah Sakit Scripps Mercy, di Chula Vista, California, Amerika Serikat, Selasa (12/5/2020). - Antara/Reuters
13 November 2020 15:17 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Michael Osterholm, penasihat Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden untuk urusan Covid-19, menyerukan lockdown secara nasional  selama empat hingga enam pekan untuk membantu menurunkan infeksi virus Corona.

Osterholm, salah satu dari 13 orang panel penasihat Covid-19 yang diumumkan Biden pada Senin (13/11/2020), mengatakan AS memiliki dana yang besar untuk membantu membayar gaji orang tidak bekerja dan mengembalikan ekonomi ke jalurnya selama penguncian sambil menunggu vaksin diluncurkan

Sebagaimana dikutip www.businessinsider.com, Jumat (13/11/2020), Osterholm, seorang ahli penyakit menular, mengatakan penguncian nasional akan menurunkan jumlah kasus Covid-19 baru seperti yang  dilakukan di Selandia Baru dan Australia.

"Kami bisa membayar paket sekarang untuk menutupi semua gaji, gaji yang hilang untuk pekerja perorangan, kerugian bagi perusahaan kecil, perusahaan menengah atau pemerintah kota, negara bagian, kabupaten," katanya.

Dia mengatakan pihaknya bisa melakukan semua itu selama empat hingga enam minggu, dan menyebut kasus positif Covid-19 meningkat, karena lebih banyak orang enggan memakai masker dan menjaga jarak.

Cuaca yang lebih dingin juga mendorong orang berkumpul di dalam ruangan, membuat Virus Corona dapat menyebar dengan lebih mudah, sehingga perlu lockdown nasional.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia