Berlian Terbesar di Dunia Ditemukan di Bostwana

Ilustrasi berlian - JIBI/Bisnis.com
12 November 2020 23:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia digali di Botswana oleh seorang penambang Kanada.

Lucara Diamond Corp. menyebut telah menemukan berlian putih sebesar 998 karat, dan menjadikannya satu di antara lima batu terbesar yang pernah ditemukan.

Meski begitu, Lucara mengatakan berlian itu merupakan clivage, yang berarti berlian itu perlu dipecah sebelum diproses lebih lanjut menjadi permata yang dipoles.

Tambang Karowe Lucara menjadi terkenal dengan bebatuan raksasa. Pada 2015, perusahaan menemukan Lesedi La Rona seberat 1.109 karat, yang dijual seharga US$53 juta, sementara tambang tersebut juga menghasilkan batu Constellation 813 karat yang menghasilkan rekor US$63 juta. Lucara juga menemukan berlian 1.758 karat tahun lalu, meskipun itu adalah permata yang nyaris dengan kualitas bervariasi, yang berarti berlian itu tidak akan menghasilkan berlian yang dipoles sangat berharga setara dengan temuan sebelumnya.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan adalah Cullinan 3.106 karat, ditemukan di dekat Pretoria di Afrika Selatan pada tahun 1905. Berlian itu dipotong menjadi beberapa permata yang dipoles, dua di antaranya Bintang Besar Afrika dan Bintang Kecil Afrika - adalah diatur dalam Crown Jewels of Britain.

Lucara, yang sebelumnya menjual dua batu terbesarnya untuk perhiasan Louis Vuitton, mengatakan sedang mengevaluasi langkah selanjutnya untuk berlian tersebut dengan mitra pemotongan dan pemolesannya, HB Antwerp.

Sepanjang tahun ini, Karowe telah menghasilkan 31 berlian lebih besar dari 100 karat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia