Menang Pilpres AS, Joe Biden Nyekar ke Makam Istri

Joe Biden memenangi Pilpres AS 2020./Jim WATSON - AFP via Suara.com
09 November 2020 16:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, AS - Pasca menang dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengunjungi makam istri pertamanya Neilia di pemakaman gereja St. Joseph di Brandywine dekat rumahnya di Wilmington, Delaware.

Melansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com yang disadur dari Fox News, Senin (9/11/2020) di lokasi yang sama dimakamkan juga dua mendiang anaknya dari istri pertama yang masing-masing bernama Naomi dan Beau.

Naomi meninggal bersama sang ibu dalam sebuah kecelakaan mobil tahun 1972 sedangkan dua saudaranya, Beau dan Hunter berhasil diselamatkan meski dalam keadaan luka parah.

Baca juga: Biden Menang Pilpres AS, Harga Minyak dan Emas Naik

Beau Biden sendiri meninggal tahun 2015 karena kanker. Sebelum meninggal, Beau adalah mantan jaksa agung Delaware yang aktif mendukung ayahnya agar tetap maju sebagai calon Presiden AS.

"Enam minggu setelah pemilihan saya, seluruh dunia saya berubah selamanya," ujar Biden dalam pidatonya di Yale 2015 lalu, seperti yang diambil dari Daily Star.

"Saat saya di Washington merekrut staf, saya mendapatkan telepon. Istri dan tiga anak saya sedang berbelanja [untuk] Natal, ditabrak oleh traktor, menewaskan istri dan putri saya," sambungnya.

Naomi, putri sulungnya yang masih berusia 13 tahun tewas bersama sang ibu. Sementara dua putra Biden lainnya, Hunter dan Beau mengalami kondisi kritis.

Belakangan Hunter yang berusia empat tahun dan Beau yang berusia tiga tahun saat itu, selamat dengan mengalami patah tulang.

Kemudian pada 2015, tragedi lain kembali merengut kebahagiaan di keluarga Biden, ketika Beau meninggal dunia karena tumor otak.

Dalam bukunya yang berjudul Promise Me, Dad yang rilis pada 2017, Biden mengaku butuh waktu lama untuk sembuh dari rasa sakit akibat kehilangan.

Baca juga: Petinggi Partai Republik Ucapkan Selamat pada Joe Biden

"Rasa sakit tampaknya tak tertahankan pada awalnya, dan butuh waktu lama untuk sembuh, tetapi saya selamat dari cobaan," tulisnya.

"Saya berhasil melewatinya, dengan banyak dukungan, dan membangun kembali hidup saya dan keluarga saya," kata pria berusia 77 tahun itu.

Setelah kematian Neili, Joe Biden menikah dengan Jill Biden pada 1977 dan dikaruniai seorang putri bernama Ashley Biden.

Sumber : suara.com