Mudah Kok, Begini Cara Cek Bantuan Sosial Tunai Lewat Online

Ilustrasi. - Freepik
08 November 2020 16:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) bagi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Jumlah BST atau bansos tunai sebesar Rp500.000 untuk setiap keluarga.

Terdapat 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bansos ini. Bantuan ini hanya diberikan selama satu kali yang dicairkan pada bulan September.

Untuk mendapatkan BST tidak perlu mendaftarkan diri, sebab keluarga yang termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat akan mendapatkan BST tersebut. BST akan terus disalurkan hingga bulan Desember 2020.

Proses pencairan BST akan dikirim langsung melalui rekening penerima melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), setelah itu pemegang kartu dapat mencairkan BST dengan cara tarik tunai melalui ATM maupun Kantor Cabang Bank Mitra Kemensos yakni BNI, BRI, BTN dan Mandiri atau melalui e-warong.

Penerima dapat mengecek apakah telah terdaftar sebagai penerima bansos tunai melalui situs web cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Nantinya, penerima bansos akan dimintai:

- ID KTP atau data Penerima Bantuan Iuran (PBI),
- Kartu Indonesia Sehat (KIS),
- Serta mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
- Masukkan kode captha yang tercantum dalam situs web kemudian cek “keterangan bansos” dan data akan ditampilkan.

Selain melalui cekbansos.siks.kemsos.go.id, penerima bansos dapat juga mengecek BST melalui aplikasi SIKS Dataku dan juga melakukan pencarian data penerima BST melalui situs dtks.kemensos.go.id.

Demikian cara cek bansos secara online di cekbansos.siks.kemsos.go.id. Semoga informasi ini membantu.

Sumber : suara.com