2 Wisatawan di Borobudur Positif Covid-19

Kegiatan random test rapid dan swab PCR Covid-19 terhadap wisatawan di Tourist Information Center (TIC) Borobudur Kabupaten Magelang, Rabu (28/10/2020). - Ist/dok Satgas Covid/19 Kab Magelang
30 Oktober 2020 19:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Dua wisatawan yang akan berlibur ke sekitar Candi Borobudur diketahui positif Covid-19. Temuan ini merupakan hasil rapid dan swab test secara acak yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, terhadap wisatawan di Tourist Information Center (TIC) Borobudur, Jumat (30/10/2020),

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti menyebutkan dua wisatawan itu berasal dari Medan dan Tangerang. Penemuan ini berawal dari kegiatan rapid test acak yang digelar untuk wisatawan. Dari 150 wisatawan yang mengikuti rapid test, sebanyak 6 hasilnya reaktif dan 144 nonreaktif.

BACA JUGA: 3 Cabup Sleman Beradu Debat, Begini Gagasan Mereka

Wisatawan yang reaktif kemudian mengikuti swab test dan hasilnya dari enam orang tersebut, dua di antaranya positif. “Terhadap dua wisatawan itu, diminta melakukan isolasi mandiri dan apabila ada keluhan untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat,” jelas Retno, Jumat (30/11/2020).

Ia menyebutkan selama cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW ini, pihaknya melakukan rapid test terhadap wisatawan yang akan berkunjung ke sekitar Candi Borobudur. Kegiatan yang digelar sejak Rabu (28/10/2020) itu telah menjaring sebanyak 455 orang mengikuti rapid test. Pada wisatawan yang reaktif kemudian dilakukan swab test. Dalam kasus kasus reaktif di hari sebelumnya, hasil swab test menunjukkan negatif. Baru hari ini ditemukan hasil swab positif.

"Dari 455 wisatawan yang dirapid itu, ada 29 yang reaktif dan dua yang positif. Rinciannya, hari pertama ada 15 yang reaktif dan delapan pada hari kedua serta enam wisatawan pada hari ketiga. Namun dari enam yang reaktif pada hari ketiga itu, dua yang positif," jelasnya.

Kasus Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi memaparkan update data perkembangan Covid-19 di wilayah ini hingga Jumat (30/10/2020), ada tambahan tiga yang positif. Mereka berasal dari Borobudur, Mertoyudan dan Secang.

Selain itu, ada satu yang dinyatakan sembuh berasal dari Mertoyudan. "Dengan tambahan tiga baru dan satu sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif hingga saat ini ada 1016 orang. Rinciannya, 164 dirawat dan menjalani isolasi mandiri, 824 sembuh dan 28 meninggal," kata Nanda.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif tersebut, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Di antaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.