Hut ke-56 Tahun Partai Golkar, Bergerak Cepat Bekerja untuk Rakyat

Gandung Pardiman (kiri) yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY. - Ist/dok
21 Oktober 2020 11:27 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Perayaan HUT Partai Golkar tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya.  Partai Golongan Karya (Golkar) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-56 di tengah pandemi Covid-19. Golkar lahir pada 20 Oktober 1964. Perayaan HUT ke-56 Partai Golkar pada 20 Oktober 2020 ini mengambil tema "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, Pilkada Menang".

Tema tersebut merupakan wujud nyata Partai Golkar mendukung gerakan 3M. Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Ini relevan dengan keadaan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia.  

Tema ini juga sejalan dengan apa yang telah dilakukan DPD Partai Golkar DIY. Sejak merebaknya virus korona ( Covid 19), DPD Partai Golkar DIY membentuk Tim Gugus Tugas Basmi Corona di DIY pada Maret 2020. Keputusan pembentukan Tim Gugus Tugas Basmi Corona di DIY ditandatangani Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman.

Baca juga: BNPB: Pekan Depan Libur Panjang, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan!

Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman mengatakan, Golkar DIY merasa dituntut keterlibatanya secara aktif memberikan karya nyata ikut menangani Covid-19. Oleh karena itu, DPD Golkar DIY membentuk Tim Gugus Tugas Basmi Corona di DIY.

Lebih lanjut, Gandung mengatakan, Golkar DIY telah membentuk 42 tim gugus tugas pencegahan corona yang bekerja di seluruh DIY. Tim gugus tugas itu  terdiri atas DPD Golkar DIY serta DPD Golkar kabupaten dan kota se-DIY ditambah ribuan kader muda Golkar se-DIY. 

”Pembentukan tim gugus tugas tak sekadar formalitas atau pencitraan. Tapi, kami  secara nyata bertindak bekerja membantu pemerintah menangani pencegahan dan penyebaran Covid 19 ,” ungkap  Gandung Pardiman kemarin (20/10/2020).

Baca juga: Menilik Pasar Siaga Terbaik di DIY

Tim tersebut terus bergerak. Hingga Oktober 2020 ini sudah melakukan penyemprotan desinfektan, pendistribusian ribuan masker dan alat pelindung diri (APD). Ratusan tangki desinfektan juga sudah dibagikan. Semua dilakukan sesuai permintaan sejumlah komponen, komunitas maupun relawan. Mereka selama ini bergerak aktif mencegah penyebaran  Covid-19. Selain itu, Partai Golkar DIY juga membantu ribuan paket sembako ke semua elemen masyarakat terdampak Covid-19. 

“Kami juga memberikan bantuan lebih dari 1 ton telur ayam dan beras ke sejumlah rumah sakit pemerintah dan swasta se-DIY,” jelas  Gandung Pardiman yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY.

Sebagai partai yang dekat dengan rakyat, Partai Golkar selalu berkomitmen mendengarkan aspirasi masyarakat. Kemudian secepatnya menindaklanjuti. Setiap terjadi bencana alam maupun bencana sosial, kader - kader Partai Golkar bergerak cepat turun  ke bawah. Membantu meringankan beban para korban bencana.

Dalam perhelatan Pilkada 9 Desember 2020 di Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul, DPD Golkar DIY berupaya semaksimal mungkin memenangkan semua pasangan calon yang diusung. Alias menyatakan sapu bersih di ketiga daerah tersebut.

Partai Golkar di Bantul mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati  nomor urut 2 Suharsono dan Totok Sudarto. Sedangkan di Sleman mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati  Nomor 2 Sri Muslimatun dan Amin Purnama. Adapun di Gunungkidul mengusung  pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor 4 Sunaryanta dan Heri Susanto.

"Seluruh kader Partai Golkar di ketiga kabupaten tersebut harus bekerja keras. Memenangkan pilkada. Kemenangan di pilkada menjadi modal untuk persiapan Pemilu 2024," tegas Gandung.

Dalam rangka memperingati HUT ke- 56  DPD Partai Golkar DIY melakukan serangkaian kegiatan. Antara lain ziarah ke Taman  makam pahlawan Kusumanegara  Selasa sore (20/10/2020), semaan Alquran dan bakti sosial. Pergelaran wayang kulit secara virtual dengan dalang Ki Seno Nugroho. Lakon yang dibawakan  Pandawa Kumpul. 

Pergelaran wayang kulit ini bersifat climen alias sederhana. Berlangsung selama 3 jam dan disiarkan langsung melalui Youtube channel dalang Seno dan Ki seno Nugroho pada Selasa 20 Oktober 2020 mulai pukul 20.00 . Selain itu DPD Golkar DIY menggelar tasyakuran di Kantor DPD Golkar DIY.

Dalam perjalanan waktu selama lebih dari setengah abad, Partai Golkar terbukti dan teruji menjadi pengawal dan pengamal Pancasila. Golkar menjadi benteng terakhir menghadapi gempuran ekstrim kanan maupun kiri.  Golkar tetap konsisten membela Pancasila.