Pendakian Gunung Sindoro Sudah Dibuka Kembali, Ini yang Harus Dipatuhi Pendaki

Foto ilustrasi. - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala
04 Oktober 2020 06:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WONOSOBO - Kabar gembira untuk pencinta alam. Gunung Sindoro di Jawa Tengah kini membuka kembali jalur pendakiannya setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19.

Pendaki bisa berkunjung melalui Alang-alang Sewu di Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur ini sudah dibuka kembali per tanggal 26 September 2020. Tentunya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, protokol kesehatan diperketat.

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Kamu dapat melihat keindahan alam Jawa Tengah dari ketinggian 1.761 meter.

Baca juga: Indonesia Akan Sediakan 376 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Ini Tahapannya

Kamu pun bisa memandangi sabana yang ditumbuhi Edelweis setelah melalui Pos 3 Gunung Sindoro. Keberadaan Bunga Edelweiss juga menjadi tanda bahwa kamu sudah dekat dengan puncak.

Melansir dari akun jejaring sosial Instagram @alangalangsewu, jalur pendakian Sindoro via Alang-Alang Sewu resmi dibuka pada 26 September 2020.

Dengan protokol kesehatan yang lebih ketat, pendaki wajib mematuhi aturan sebagai berikut:

  1. Membawa surat keterangan sehat
  2. Memakai masker, sarung tangan dan hand sanitizer
  3. Menyerahkan kartu identitas diri seperti KTP atau SIM saat registrasi
  4. Phisical Distancing di area base camp dan di gunung minimal 1 meter
  5. Tenda dengan kapasitas 4 untukĀ  2 orang
  6. Aturan yang terdahulu tetap berlaku.

Pembukaan ini membatasi pendaki maksimal 250 orang per hari. Kamu bisa mendaftarkan diri secara langsung di basecamp Alang-Alang Sewu. Meski tidak diwajibkan membawa hasil rapid test, kamu tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku demi keamanan dan keselamatan.

Sumber : Suara.com