Daftar 11 Kabupaten/Kota dengan Kasus Covid-19 Aktif Tertinggi

Pelaksanaan tes swab di sebuah perumahan di Kelurahan Cilendek, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. - Antara
17 September 2020 23:57 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan 11 kabupaten/kota sebagai penyumbang terbesar kasus aktif Corona di Indonesia.

Wilayah-wilayah tersebut berkontribusi sebesar 26 persen terhadap kasus aktif nasional dengan jumlah pasien Covid-19 dalam perawatan lebih dari 1.000 orang.

Adapun 11 kabupaten/kota tersebut adalah kota Semarang, kota Medan, kota Bekasi, kota Makassar, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, kabupaten Bekasi, kota Surabaya, dan kota Pekanbaru. Dari segi demografi seluruh wilayah tersebut tergolong padat penduduk.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito memohon agar 11 kabupaten/kota ini betul-betul menjaga penerapan protokol kesehatan di seluruh sektor sosial ekonominya. Keberhasilan mereka akan berkontribusi besar terhadap penurunan kasus aktif secara nasional.

“Dan kepada masyarakat kami mohon selalu gunakan masker apabila keluar rumah, selalu jaga jarak di luar terbuka di tempat umum, dan rajin cuci tangan agar menekan penyebaran kasus,” katanya, Kamis (17/9/2020).

Wiku melanjutkan bahwa sebanyak 292 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota yang terpapar virus Corona memiliki kasus aktif antara 1-50 orang. Hal ini merupakan kabar baik, karena artinya lebih dari separuh wilayah terpapar memiliki kasus aktif yang cenderung sedikit.

Sementara itu, Wiku mengklaim kasus aktif di Indonesia menurun setiap pekan. Saat ini angkanya sebesar 24,4 persen atau sedikit di bawah rata-rata dunia, yakni 24,5 persen.

Kasus aktif merupakan pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan, baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri. Persentase yang didapat merupakan hasil pembagian dari pasien dalam perawatan dengan total kasus secara kumulatif.

Adapun, Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan 4 kota besar yang perlu menjadi perhatian bersama lantaran tingkat kematiannya tertiggi adalah Surabaya di Jawa Timur, Semarang di Jawa Tengah, Jakarta Pusat di DKI Jakarta, dan Makassar di Sulawesi Selatan.

Sumber : Bisnis.com