Advertisement

Tuding Anies Sebabkan IHSG Turun Akibat Kebijakan PSBB, Airlangga Hartarto Panen Kritik dari Warganet

Hendri Tri Widi Asworo
Jum'at, 11 September 2020 - 03:17 WIB
Sunartono
Tuding Anies Sebabkan IHSG Turun Akibat Kebijakan PSBB, Airlangga Hartarto Panen Kritik dari Warganet Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggema di jagat maya. Pernyataannya siang ini, Kamis (10/9/2020), mengenai duit pemerintah cukup dan fasilitas kesehatan tidak terbatas mengundang kontroversi pada warganet.

Seperti diketahui, Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), mengkritik kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) per 14 September 2020.

Advertisement

Akibat kebijakan itu, menurutnya, indeks harga saham gabungan (IHSG) menghadapi ketidakpastian. "Karena hari ini indeks [IHSG] masih ada ketidakpastian karena announcement Gubernur DKI tadi malam sehingga indeks pagi ini sudah [turun] di bawah 5.000," tegas Airlangga, dalam acara Kadin, Kamis (9/9/2020).

BACA JUGA : Airlangga Hartarto: Pak Bamsoet Beri Dukungan pada Saya

Airlangga menyindir perkara gas dan rem PSBB yang dilakukan Anies. Menurutnya, pengambilan kebijakan jangan sampai mengganggu kepercayaan masyarakat.

"Kalau digas atau rem mendadak itu tentu harus kita jaga public confidence. Karena ekonomi tidak hanya fundamental, tapi juga sentimen, terutama untuk sektor capital market," kata Airlangga.

Pada kesempatan terpisah, Airlangga kembali menyerang Gubernur DKI Jakarta mengenai fasilitas kesehatan ibu kota yang terancam kolaps. Menurutnya, tidak akan ada keterbatasan kapasitas fasilitas dan layanan kesehatan, baik dari rumah sakit maupun dari rumah sakit darurat.

Dia menyebutkan dana pemerintah tidak terbatas untuk memenuhi layanan kesehatan. Namun, Airlangga tak menyebutkan jelasnya berapa ketersediaan dana yang ada.

BACA JUGA : Airlangga Klaim Kematian Covid-19 di Indonesia Mulai

Atas pernyataan tersebut, nama Airlangga viral. Netizen menilai bahwa Airlangga tidak melihat fakta sebenarnya yang ada di lapangan.

Ekonom senior Rizal Ramli mempertanyakan alasan Airlangga Hartarto yang seakan-akan memprotes kebijakan PSBB Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Minggu yll Pres @jokowi pidato bahwa prioritas utama adalah perangi corona, saya sempat angkat topi akhirnya stlh 6 bulan, JKW sadar. Anies ambil langkah tepat. Tapi Airlangga dll hantam Anies. Jadi bertanya JKW itu Presiden bukan ? Kok menteri2nya bisa menggergaji arahannya?," demikian tulsi Rizal Ramli. 

Hal serupa disampaikan oleh Mantan Menteri Kehutanan M.S Kaban. Dia memprotes pernyataan Airlangga yang menyalahkan Anies karena penyebab penurunan indeks harga saham gabungan hari ini.

BACA JUGA : 2 Kader Golkar Dilaporkan ke Polisi, Airlangga Hartanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement