Pilkada Kota Magelang, Aji-Windarti Mendaftar ke KPU Diiringi Ratusan Pendukung

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, Aji Setyawan dan Windarti Agustina diarak saat mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 di KPU Kota Magelang, Jumat (4/9/2020). - Harian Jogja/Nina Atmasari
04 September 2020 16:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, Aji Setyawan dan Windarti Agustina mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 di KPU Kota Magelang, Jumat (4/9/2020).

Mereka tiba di kantor KPU di Jl. Diponegoro 59 Kota Magelang, pada pukul 15.00 WIB. Pasangan ini sebelumnya diarak dari Alun-Alun Kota Magelang yang berjarak sekitar 2 km, diiringi oleh para ratusan pendukungnya. Di Alun-Alun mereka menggelar deklarasi pencalonan yang diikuti partai pengusung dan pendukungnya.

Partai pengusung mereka yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura dam Perindo. Sedangkan partai pendukungnya yakni PAN, Nasdem dan PBB.

Saat diarak ke KPU, Aji dan Windarti menaiki becak sedangkan pendukungnya menggunakan sepeda ontel, sepeda motor dan mobil. Berjarak beberapa puluh meter dari kantor KPU, mereka disambut rombongan seniman. Keduanya pun turun dari becak dan berjalan bersama arak-arakan seniman.

Masuk ke kompleks kantor KPU, mereka mengikuti protokol kesehatan yakni diperiksa suhu tubuh serta mencuci tangan. Hanya pasangan tersebut yang masuk gerbang sedangkan para pengiringnya menunggu di luar pintu gerbang. Petugas KPU memberikan masker pada Windarti yang saat itu mengenakan faceshield namun tidak mengenakan masker. Adapun Aji yang telah mengenakan masker kain kemudian menggantinya dengan masker medis.

Selanjutnya pasangan ini masuk ruang pendaftaran. Pada proses pendaftaran ini mereka hanya diiringi liaison officer (LO) penghubung antara KPU dan partai politik, serta ketua dan sekretaris partai pendukung. Di dalam ruangan mereka diterima para anggota KPU Kota Magelang.

Tampak pula Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito yang merupakan ayah dari Aji Setyawan turut hadir ke KPU bersama istri, Yetty Biakti Widyonindito. Mereka menunggu di depan ruang pendaftaran.

Penyerahan dokumen dilakukan oleh Ketua DPC PDIP Kota Magelang Budi Prayitno kepada Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron. Hingga berita ini ditulis, mereka masih mengikuti pemeriksaan dokumen pendaftaran.

Pada kegiatan ini, jalan di depan kantor KPU ditutup untuk kendaraan karena dipenuhi oleh massa pendukung serta aparat keamanan. Massa pendukung tampak mengenakan masker.