KJRI Jeddah dan Pemerintah Arab Saudi AKan Bahas Pembukaan Umrah 1442 H

Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
02 September 2020 08:27 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Haji dan umrah di Arab Saudi masih ditutup karena pandemi Covid-19. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah akan segera melakukan pertemuan dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk membahas pelaksanaan umrah setelah suksesnya haji 1441 Hijriyah.

Konsul KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan pertemuan ini atas inisiatif KJRI Jeddah dengan Wakil Menteri Haji bidang Umrah Abdulaziz Wazzan untuk membahas umrah di masa pandemi.

Baca juga: Tak Sengaja Telan Ular Saat Ketiduran, Seorang Perempuan Dilarikan ke Rumah Sakit

"Tim KJRI dijadwalkan bertemu pada Kamis mendatang," katanya seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (2/9/2020).

Menurut Endang, selain dirinya, pertemuan itu akan diikuti juga oleh Konjen RI di Jeddah dan sejumlah konselor.

"Kami akan membahas sekaligus memastikan kapan umrah 1442H akan mulai dibuka, serta bagaimana teknisnya di masa pandemi ini," tuturnya.

Baca juga: Kunjungi Ketep Pass, Menaker Ida Fauziah Bangkitkan Semangat Pekerja Pariwisata

Endang menambahkan, kondisi di Arab Saudi terus membaik, kasus positif Covid-19 terus menurun. Bahkan, penurunannya cukup signifikan.

"Sebulan terakhir, penurunan angka positif Covid luar biasa, dari 3000-an pada musim haji, sekarang sudah di angka 800-an," tandasnya.

Hingga saat ini, terdapat 209 WNI yang terpapar Covid-19 di Arab Saudi. Sebanyak 54 orang sembuh, 85 stabil, dan 70 meninggal.

Sumber : Bisnis.com