Advertisement

Produksi di Akhir 2021, Bio Farma Ungkap Tahapan Penemuan Vaksin Covid-19

Akbar Evandio
Kamis, 16 Juli 2020 - 06:57 WIB
Sunartono
Produksi di Akhir 2021, Bio Farma Ungkap Tahapan Penemuan Vaksin Covid-19 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi PT Bio Farma di Kota Bandung, Jumat (24/4/2020). Bio Farma menargetkan bisa memulai produksi vaksin merah putih pada tahun depan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Bio Farma (Persero) optimis pembuatan vaksin untuk mengatasi virus corona (Covid-19) bisa rampung pada akhir 2021. Bila berjalan sesuai rencana, Bio Farma mengklaim bisa memproduksi vaksin sebanyak 250 juta dosis per tahun.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dalam pembuatan vaksin. Dia menjelaskan LBM Eijkman akan mengirimkan bibit vaksin pada kuartal I/2021. Kemudian, pada kuartal III hingga kuartal IV akan dilakukan uji klinis.

Advertisement

BACA JUGA : Seberapa Dekat Vaksin Virus Corona Bisa Diproduksi Massal 

“Bila berjalan lancar, maka di akhir 2021 sudah bisa kami produksi [Vaksin Merah Putih] secara masal,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (15/7/2020).

Honesti mengungkapkan, pengembangan vaksin dilakukan melalui vaksin protein rekombinan yang akan menjadi produk mandiri Indonesia. Saat ini LBM eijkman tengah mengembangkan cara untuk mendapatkan bibit vaksin dari virus corona. 

Honesti pun mengungkapkan bahwa mulai dari kuartal I/2020 setelah bibit vaksin diterima, peran dari pihaknya akan dibagi menjadi tiga tahap uji klinis.Uji klinis tahap pertama diperlukan untuk melihat keamanan vaksin. Uji klinis tahap satu akan dicoba ke manusia secara terbatas. 

“Sementara itu, uji klinis tahap kedua lebih ke khasiat dari vaksin. Kalau bagus akan masuk ke uji klinis tahap tiga yang lebih banyak sampel untuk uji vaksinnya [ke manusia], kalau ini bagus akan kami proses secara masal,” Jelas Honesti.

Dia mengungkapkan bahwa diperlukan dana sekitar Rp 103,7 miliar untuk pengembangan vaksin Covid-19 mulai dari tahap I hingga tahap III. Menurutnya, untuk Rp 63,2 miliar akan diperuntukan bagi pengembangan vaksin nasional yang dilakukan sejumlah lembaga penelitian di bawah koordinasi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

BACA JUGA : Vaksin Corona Indonesia Diprioritaskan untuk Lansia

Sementara itu, sisanya Rp 40,5 miliar untuk kolaborasi uji klinis Bio Farma bersama Sinovac Biotech Ltd, perusahaan biofarmasi asal Cina.Bio Farma telah mengantongi uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Honesti mengatakan uji klinis ini akan dilakukan di fasilitas milik perseroan di Bandung pada Agustus mendatang, berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement