Advertisement

Terbukti! Banyak Pasien yang Sembuh dari Covid-19 Masih Mengeluh Sakit Misterius

Newswire
Rabu, 01 Juli 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Terbukti! Banyak Pasien yang Sembuh dari Covid-19 Masih Mengeluh Sakit Misterius Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Selama ini banyak studi menyatakan pasien yang sembuh dari virus Corona tak sepenuhnya pulih seperti kondisi sebelum terinfeksi.

Pasien virus Corona atau Covid-19 semakin terserang nyeri misterius bahkan berbulan-bulan setelah mereka dianggap pulih. Demikian seperti dilansir dari New York Post.

Advertisement

“Apa yang kami lihat sangat menakutkan. Lebih dari separuh pasien, berminggu-minggu setelah tes negatif, masih menunjukkan gejala," kata Prof. Gabriel Izbicki dari Pusat Medis Shaare Zedek Yerusalem.

Namun, alih-alih gejala khas Covid-19, banyak pasien melaporkan rasa sakit di tempat yang benar-benar tidak terduga, kata Eran Schenker, direktur sebuah klinik di kota Bnei Brak, kepada surat kabar itu.

"Itu dapat muncul di lengan, kaki, atau tempat lain di mana virus tidak memiliki dampak langsung," kata Schenker.

"Jika Anda bertanya tentang tingkat rasa sakit pada skala 1 hingga 10, bisa 10, dengan orang-orang mengatakan mereka tidak bisa tidur," katanya kepada surat kabar itu.

Mereka yang mengeluhkan rasa sakit kebanyakan dinyatakan positif virus corona pada Maret lalu. Artinya mungkin mereka telah pulih selama berbulan-bulan, meski rasa sakit itu masih muncul.

"Kami melakukan pemindaian dan tidak dapat melihat apa pun, tetapi mereka memiliki rasa sakit ini - kami diberitahu tentang itu lagi dan lagi," katanya.

Seorang pria berusia 55 tahun yang memiliki coronavirus pada bulan Maret sekarang "merasa seperti dia patah," kata istrinya kepada surat kabar itu - meskipun dia dites negatif untuk Covid-19 bulan lalu.

"Dia sebenarnya lebih buruk daripada dia ketika dia dirawat di rumah sakit," katanya kepada surat kabar itu, mengatakan dia sangat lelah, dia sulit berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement