Viral Wali Kota Risma Sujud ke Dokter dan Nangis, Ini Videonya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. - Suara.com/Arry
29 Juni 2020 16:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, SURABAYA- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan aksi menghebohkan. Ia melakukan sujud minta maaf di depan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya. Risma bahkan menangis dan mengeluh karena menjadi pihak yang disalahkan dalam penanganan virus corona di Surabaya.

Dilansir dari Suara.com, peristiwa itu setelah Risma bertemu untuk rapat dengan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya. Risma menyembah kaki seorang dokter paru pada Senin (29/6/2020) pagi. Kejadian tersebut bermula saat Wali Kota Risma mengadakan pertemuan dengan IDI dan para direktur rumah sakit di Kota Surabaya.

Saat itu salah satu pengurus IDI Surabaya, Sudarsono memaparkan penyebab kematian pasien COVID-19 di Surabaya yang tinggi. Alasannya karena pasien tak dapat kamar di RSUD Dr Soetomo.

Baca juga: Ernest Prakasa Mengaku Mati Rasa dengan Jokowi Marah-Marah

Risma pun berdiri dan berjalan ke arah Sudarsono. Risma sujud dan minta maaf. Sembari bersujud, Risma menjelaskan sudah menyediakan 200 tempat tidur di RS Husada Utama jika RS Dr Soetomo penuh.

"Kenapa saya selalu disalahkan, padahal bantuan saya ditolak," kata Risma sembari menangis.

Baca juga: Corona Berefek Jangka Panjang, Meski Sembuh Paru-Paru dan Otak Berpotensi Rusak

Akibat kejadian tersebut, media sosial pun riuh dengan tagar Risma. Bahkan tagar ini menjadi puncak trending topic di twitter. Video saat Risma bersujud pun beredar.

Meski demikian aksi tersebut menimbulkan beragam komentar. Ada yang mendukung, namun ada pula yang nyinyir.

Salah satu dukungan ditulis akun @soetan_basa. "Walaupun agak sedikit berlebihan.. Cuma saya ambil sisi baiknya, bahwa buk risma merasa bersalah,karna kurang maksimal membantu IDI untuk menghentikan laju Covid19. Walaupun masyarakatnya yg susah di atur, tapi beliau yg merasa bertanggung jawab.".

"Naluri perempuanku ikut menangis melihat video ini. Ibu Risma sang walikota yg mempunyai etos kerja mirip masyarakat Jepang. Ketika musibah pandemi covid -19 ini beliau rela bersujud meminta maaf kpd tim medis (sebuah pemandangan yg langka)," tambah @NenengEndang.

Adapun komentar nyinyir diungkapkan akun @d1t_RG."Mendingan jd aktris aja bu, akting bu risma bagus. Kali aja ibu bs dpt piala citra," tulisnya.