Advertisement

Ganjar Pranowo: Tingkatkan Pengecekan Massal Covid-19

Newswire
Sabtu, 27 Juni 2020 - 04:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganjar Pranowo: Tingkatkan Pengecekan Massal Covid-19 Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo. - Ist/Dok Pemprov Jateng

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Guna mempercepat penanganan Covid-19, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh kepala daerah di Jawa Tengah untuk terus meningkatkan pengecekan massal. 

"Seluruh bupati/wali kota di Jateng saya minta terus meningkatkan pengecekan massal itu agar upaya percepatan penanganan Covid-19 bisa tercapai," katanya di Semarang, Jumat (26/6/2020). 

Advertisement

Menurut Ganjar, kepala daerah tidak perlu takut apabila jumlah kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan akibat dilakukannya "tracking" massal.

"Lebih baik meningkat karena memang dilakukan 'tracking', daripada terlihat landai tapi tidak dilakukan tindakan apa-apa," ujarnya.

Ganjar menyebut upaya "tracking" melalui pengecekan massal dengan tes cepat sudah menjadi perintah Presiden Joko Widodo.

"Kami menindaklanjuti perintah itu dengan menggelar 'rapid test' massal, bahkan di beberapa daerah seperti Kota Semarang, tidak hanya 'rapid test', tapi langsung 'test swab'," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengungkapkan pihaknya sudah melakukan tes PCR sebanyak 51.000 spesimen dan dari total itu, sebanyak 3.414 orang dinyatakan positif Covid-19.

"Kami juga telah menggelar pengecekan dengan 'rapid test' sebanyak 80.000 orang. Hasilnya masih kami tunggu karena yang reaktif langsung kami lakukan tes PCR," ujarnya.

Ia menerangkan hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Jateng mencapai 3.552 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 8.445 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 48.767 orang.

"Kami akan terus berupaya melakukan 'tracking' agar dapat dilakukan 'treatment' yang lebih cepat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement