SOP New Normal di DIY Akan Diuji Coba

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
22 Juni 2020 10:27 WIB Lugas Subarkah News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Standar operasional prosedur (SOP) new normal terus diujicobakan di berbagai bidang sebelum ditetapkan sebagai Peraturan Gubernur. Salah satu bidang yang diujicobakan yaitu pariwisata.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, menuturkan uji coba SOP telah dilakukan di hotel dan restoran di empat kabupaten. “Kota Jogja baru tanggal 24 besok,” ujarnya, Minggu (21/6/2020).

Berdasarkan uji coba tersebut, ia melihat SOP yang dirancang bersama-sama oleh asosiasi dan Dinas Pariwisata DIY sudah bisa dijalankan di hotel dan restoran tanpa kendala. “Semua berjalan dengan baik dan tidak ada yang tidak sesuai SOP,” katanya.

BACA JUGA : Pengelola Wisata di Bantul Tunggu SOP New Normal

Beberapa hotel yang sempat tutup pada masa pandemic covid-19, saat ini sudah mulai buka kembali. Dari anggota PHRI DIY yang total berjumlah sekitar 400 hotel dan restoran, 60 hotel diantaranya saat ini telah buka Kembali, meliputi hotel berbintang dan non bintang.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana, mengatakan pihaknya telah meninjau uji coba SOP new normal di hotel dan mall pada Jumat (19/6/2020) lalu. Berdasarkan peninjauan itu, ia cukup puas dengan persiapan mall dan hotel menuju new normal.

Beberapa poin dalam SOP tersebut yang terlihat sudah disiapkan dengan matang mulai dari pintu masuk, dapur, penyajian makanan, pengaturan tempat duduk, toilet dan lainnya. “SOP yang ketat ini membuat nyaman dan aman bagi tamu dan pengunjung,” ungkapnya.

Tidak hanya pengelola, dari tinjauannya di Mall Malioboro, pengunjung juga terlihat sudah tertib melaksanakan SOP, seperti menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan dan mau mengantri. Selain di Mall Malioboro, pihaknya masih akan meninjau lagi pelaksanaan SOP di pusat perbelanjaan lainnya, hotel dan pasar tradisional.

Beberapa Dinas terkait kata dia, seperti Dinas Pariwisata DIY dan badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) DIY akan memberikan supervisi untuk memperjelas petunjuk protokol Kesehatan. Di samping itu akan dibuka hubungan antara hotel dan mall dengan fasilitas Kesehatan termasuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY untuk menangani tamu dengan kndisi khusus.

Terkait penyusunan Pergub tentang New Normal, ia mengungkapkan saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan telah mencapai 90%. Penyusunan dilakukan dengan metode bottom up, melibatkan pelaku usaha dan asosiasi terkait, yang kemudian disambungkan dengan peraturan Menteri terkait.