JK Sudah 12 Kali Tak Salat Jumat di Masjid, Katanya: Paling Lama dalam Hidup Saya

Jusuf Kalla (JK). - Okezone
04 Juni 2020 05:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menghitung sudah 12 kali salat Jumat tak dilaksanakan di masjid lantaran adanya pandemi virus Corona Covid-19.

Hal itu diungkapkan JK saat menyampaikan kalau masjid akan dibuka kembali pada Jumat (5/6/2020). Masjid dan tempat ibadah lainnya sempat ditutup sejak awal masuknya Covid-19 di tanah air.

"Setelah 12 Jumat kita tidak salat. Paling lama dalam hidup saya ini tidak salat Jumat, kadang-kadang salat Jumat di rumah," ujar JK di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, Rabu (3/6/2020).

Pembukaan masjid pada Jumat mendatang itu disebutkan JK telah disepakati oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Tentunya pembukaan masjid pun harus disertai dengan syarat-syarat yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti yang dilangsungkan di Masjid Al Azhar, di mana para petugas dari PMI dan TNI telah menyemprotkan cairan disinfektan.

Selain itu pihak masjid pun telah menyediakan tempat cuci tangan, pengaturan jaga jarak, hingga pengecekan suhu tubuh.

Bahkan pendisiplinan bagi para jemaah yang hendak masuk masjid pun diterapkan.

"Jadi kalau ada jemaah enggak pakai masker suruh dulu pakai masker baru boleh masuk. Kemudian cuci tangan, di setiap pintu ada desinfektan, cuci sabun, atau di tempat wudhu," pungkasnya.

Sumber : Suara.com