Ada 41 Titik Salat Id Berjemaah di Gunungkidul, Kemenag Berharap Semua Sehat

Ilustrasi - Freepik
24 Mei 2020 10:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi News Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul menyebut ada 41 titik, baik masjid maupun lapangan, lokasi pelaksanaan Salat idulfitri berjamaah pada Minggu (24/5/2020) pagi.

“Yang teridentifikasi ada 41 titik, harapannya lokasi yang melaksanakan semua berjalan sesuai protokol kesehatan dan semuanya dalam kondisi sehat,” kata Kepala Kemenag Gunungkidul Arif Gunadi kepada Harian Jogja.

Namun demikian, Arif menduga lokasi yang melaksanakan Salat Id berjemaah bisa saja lebih banyak.

"Tidak ada izin memang, tapi pemerintah mengharapkan imbauan untuk dipenuhi dan ditaati. Karena semua yang dianjurkan berorientasi untuk kemaslahatan bersama," paparnya.

Salah satu lokasi yang tetap melaksanakan Salat Id berjamaah adalah di Padukuhan Wareng III, Desa Wareng, Kecamatan Wonosari. Puluhan warga di padukuhan tersebut tetap melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan social distancing dan physical distancing. Setiap orang tetap menjaga jarak aman sesuai anjuran pemerintah.

“Wilayah kami tetap melaksanakan salat berjamaah, tetapi tetap dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti berjarak, membawa alat salat sendiri-sendiri hingga menggunakan masker,” kata Kismaya Wibowo, warga Padukuhan Wareng III.

Ia menjelaskan setelah rangkaian Salat Id berjamaah selesai, warga langsung meninggalkan masjid. "Jadi tidak ada yang salam-salaman setelah salat, khotbah juga berlangsung cepat, jemaah langsung pulang ke rumah masing-masing setelah selesai rangkaian salatnya," ujar dia.