Advertisement

Ada 41 Titik Salat Id Berjemaah di Gunungkidul, Kemenag Berharap Semua Sehat

Muhammad Nadhir Attamimi
Minggu, 24 Mei 2020 - 10:57 WIB
Budi Cahyana
Ada 41 Titik Salat Id Berjemaah di Gunungkidul, Kemenag Berharap Semua Sehat Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul menyebut ada 41 titik, baik masjid maupun lapangan, lokasi pelaksanaan Salat idulfitri berjamaah pada Minggu (24/5/2020) pagi.

“Yang teridentifikasi ada 41 titik, harapannya lokasi yang melaksanakan semua berjalan sesuai protokol kesehatan dan semuanya dalam kondisi sehat,” kata Kepala Kemenag Gunungkidul Arif Gunadi kepada Harian Jogja.

Advertisement

Namun demikian, Arif menduga lokasi yang melaksanakan Salat Id berjemaah bisa saja lebih banyak.

"Tidak ada izin memang, tapi pemerintah mengharapkan imbauan untuk dipenuhi dan ditaati. Karena semua yang dianjurkan berorientasi untuk kemaslahatan bersama," paparnya.

Salah satu lokasi yang tetap melaksanakan Salat Id berjamaah adalah di Padukuhan Wareng III, Desa Wareng, Kecamatan Wonosari. Puluhan warga di padukuhan tersebut tetap melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan social distancing dan physical distancing. Setiap orang tetap menjaga jarak aman sesuai anjuran pemerintah.

“Wilayah kami tetap melaksanakan salat berjamaah, tetapi tetap dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti berjarak, membawa alat salat sendiri-sendiri hingga menggunakan masker,” kata Kismaya Wibowo, warga Padukuhan Wareng III.

Ia menjelaskan setelah rangkaian Salat Id berjamaah selesai, warga langsung meninggalkan masjid. "Jadi tidak ada yang salam-salaman setelah salat, khotbah juga berlangsung cepat, jemaah langsung pulang ke rumah masing-masing setelah selesai rangkaian salatnya," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement