Advertisement

Beri Pujian Atas Penanganan Virus Corona, Kim Jong-un Kirim Pesan untuk Presiden Xi Jinping

Renat Sofie Andriani
Jum'at, 08 Mei 2020 - 13:27 WIB
Nina Atmasari
Beri Pujian Atas Penanganan Virus Corona, Kim Jong-un Kirim Pesan untuk Presiden Xi Jinping Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Hotel Marina Bay Sands di Singapura, 11 Juni 2018. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Usai dikabarkan menghilang, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memuji Presiden China Xi Jinping atas "keberhasilannya" dalam menangani wabah penyakit virus corona (Covid-19).

Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) mengabarkan pada Jumat (8/5/2020) bahwa Kim Jong-un mengirimkan pesan berisikan ucapan selamat kepada Xi Jinping.

Advertisement

Pemimpin China tersebut dikatakan telah “mengambil peluang kemenangan dalam perang melawan epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

“Kim juga berharap Xi Jinping dalam keadaan sehat, seiring dengan upayanya dan Partai Komunis yang berkuasa untuk meraih kemenangan akhir,” tulis KCNA, seperti dilansir melalui Bloomberg.

Meski Korea Utara sering mengirimkan pesan seperti itu kepada negara tetangganya, pesan kali ini mungkin menerima lebih banyak sorotan karena disampaikan setelah Kim Jong-un 'menghilang' dari muka publik selama tiga pekan lamanya.

Ketiadaan Kim Jong-un yang sempat memicu spekulasi seputar kesehatannya namun seketika hilang setelah media resmi setempat menampilkan sosoknya tersenyum dalam suatu agenda pada 1 Mei untuk membuka pabrik pupuk baru dan disambut oleh sorak-sorai para pekerja.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa China telah mengirim tim medis ke Korea Utara untuk memantau kesehatan Kim Jong-un.

Media pemerintah Korea Utara tidak menyinggung kesehatan Kim, tetapi surat kabar JoongAng Daily yang berpusat di Seoul secara terpisah melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara itu telah menjalani karantina sendiri setelah salah satu pengawalnya dikonfirmasi terinfeksi virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement